XL7 Hadir, Suzuki All New Ertiga: Produk Decoy atau Strategi Pemasaran?

Jumat 21-02-2025,09:06 WIB
Reporter : M fikri ardiansyah
Editor : Hanida Syafrina

BACA JUGA:Presiden Prabowo Lantik 961 Kepala Daerah Secara Serentak di Istana Negara

Pencahayaan – Ertiga masih menggunakan lampu projector, sementara XL7 sudah dilengkapi dengan lampu LED dengan DRL.

Dimensi – XL7 memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dengan panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.710 mm, sementara Ertiga memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm.

Fitur Interior – Meskipun desain interior kedua mobil hampir mirip, XL7 memiliki aksen lebih sporty serta tambahan fitur unggulan seperti Smart E-Mirror.

Performa – Kedua mobil menggunakan mesin K15B yang sama, namun XL7 mendapatkan penyegaran pada BCM dan ECU sehingga performanya lebih baik.

BACA JUGA:Kue Lapis Batik Palembang, Kuliner Tradisional yang Kian Populer

BACA JUGA:Kenali Fitur Meta AI di WhatsApp, Banyak Fungsi Yang Kamu Harus Tahu!

Dengan selisih harga sekitar Rp30 juta, konsumen lebih tertarik memilih XL7 yang menawarkan fitur lebih banyak dibandingkan Ertiga.

Bahkan, para tenaga penjual Suzuki sendiri sering merekomendasikan XL7 ketimbang All New Ertiga kepada calon pembeli.

Ertiga, Korban atau Strategi Suzuki?

Berdasarkan data yang ada, All New Ertiga memang mengalami penurunan popularitas sejak kehadiran XL7.

BACA JUGA:Presiden Prabowo Lantik 961 Kepala Daerah Secara Serentak di Istana Negara

BACA JUGA:Pencuri Besi Tiang Tower Ditangkap, Pelapor Apresiasi Kinerja Polda Sumsel dan Polres Musi Banyuasin

Namun, apakah benar Ertiga hanyalah produk decoy? Secara strategi pemasaran, Suzuki tampaknya memang mengorbankan Ertiga untuk meningkatkan penjualan XL7.

Meski demikian, Ertiga tetap memiliki pasarnya sendiri, terutama bagi konsumen yang mencari mobil keluarga dengan harga lebih murah dibandingkan XL7.

Pada akhirnya, baik All New Ertiga maupun XL7 tetap memiliki nilai tersendiri di pasar otomotif Indonesia.

Kategori :