Uni Eropa Bersiap Voting Tarif Baru untuk Mobil Listrik Buatan China

Sabtu 28-09-2024,21:40 WIB
Reporter : Said Prakata
Editor : Muhadi Syukur

Dalam skenario terburuk, tarif tambahan bisa membuat mobil listrik dari China lebih mahal di Eropa, yang tentunya akan merugikan posisi mereka dalam persaingan global.

Penerapan tarif tinggi pada mobil listrik China juga bisa berdampak negatif pada konsumen Eropa. Mobil listrik buatan China selama ini dikenal lebih terjangkau daripada mobil listrik dari produsen Eropa atau Amerika, seperti Tesla.

Dengan naiknya harga akibat tarif baru, konsumen Eropa mungkin akan kesulitan mendapatkan kendaraan listrik yang sesuai dengan anggaran mereka, yang pada akhirnya bisa memperlambat transisi ke mobilitas ramah lingkungan di kawasan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Eropa telah menetapkan target ambisius untuk mengurangi emisi karbon dan beralih ke energi bersih. 

BACA JUGA:MTsN 2 Palembang Harus Pulang, Usai Dikalahkan Xaverius Maria

BACA JUGA:Sistem Pendinginan Mobil Listrik Harus Mendapat Perhatian Khusus


melindungi produsen otomotif lokal dari gempuran produk murah dari China,--Foto : motor1.com

obil listrik menjadi salah satu elemen penting dalam upaya ini. Dengan menempatkan tarif tinggi pada mobil listrik impor, ada kekhawatiran bahwa hal ini akan merusak momentum adopsi kendaraan listrik di Eropa, terutama bagi negara-negara yang masih dalam tahap awal transisi.

Di sisi lain, bagi beberapa pihak, tarif ini dianggap sebagai langkah yang diperlukan untuk mendorong produksi lokal mobil listrik dan teknologi baterai.

Negara-negara seperti Jerman dan Prancis berharap dapat mengembangkan ekosistem kendaraan listrik domestik yang kompetitif, tanpa harus mengandalkan impor dari luar. Dengan meningkatkan daya saing produsen lokal, Eropa bisa menjadi pemain utama dalam pasar kendaraan listrik global.

Menurut Robert, seorang pengamat industri otomotif, keputusan untuk menerapkan tarif baru ini sangat kompleks. Ia menilai bahwa meski langkah ini diperlukan untuk melindungi produsen Eropa, namun risiko dari perang dagang dengan China tidak boleh diabaikan.

Jika tarif ini diterapkan tanpa kompromi, Robert khawatir bahwa Uni Eropa akan menghadapi dampak jangka panjang, baik dari segi ekonomi maupun lingkungan. Baginya, negosiasi yang sedang berlangsung harus mencari solusi yang saling menguntungkan, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dalam persaingan pasar global ini.

Kategori :