Cara Efektif Merawat Mobil Listrik Agar Tetap Optimal di Tengah Tren yang Berkembang

Selasa 03-09-2024,08:56 WIB
Reporter : said prakata
Editor : Hanida Syafrina

PALTV.CO.ID -  Seperti halnya kendaraan lainnya, mobil listrik juga memerlukan perawatan khusus agar performanya tetap optimal dan umur pakainya lebih lama.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah penting dalam perawatan khusus mobil listrik sehingga Anda dapat menjaga kendaraan Anda tetap dalam kondisi prima.

Dengan perawatan yang tepat, mobil listrik Anda tidak hanya akan berfungsi dengan baik tetapi juga memberikan nilai tambah dalam jangka panjang.

Tren penggunaan mobil listrik di Indonesia terus meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan efisiensi energi.

BACA JUGA:Jaga Keawetan Cat Doff pada Motor Menggunakan Cara Ini

BACA JUGA:iPhone 16 Pro Max vs iPhone 15 Pro Max: Apakah Layak Untuk Ditingkatkan?

Mobil listrik hadir sebagai alternatif kendaraan ramah lingkungan, menawarkan berbagai keunggulan seperti biaya perawatan yang lebih rendah dan pajak kendaraan yang lebih ringan dibandingkan mobil konvensional.

Namun, baterai merupakan komponen vital dalam mobil listrik, karena menjadi sumber energi utama kendaraan.

Agar baterai tetap awet, penting untuk menjaga kesehatannya dengan melakukan beberapa langkah perawatan yang tepat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah menghindari pengisian daya baterai hingga penuh.


mobil listrik juga memerlukan perawatan khusus agar performanya tetap optimal --ilustrasi pribadi

Idealnya, baterai mobil listrik hanya diisi hingga 80 persen untuk mencegah terjadinya overcharging yang dapat memperpendek umur baterai.

BACA JUGA:Ditembak OTD di Kepala, Warga Sematang Borang Palembang Tewas di TKP

BACA JUGA:Hakim Tolak Praperadilan Lepy Desmianti Tersangka Dugaan Korupsi IUP Tambang Batubara Rp555 Miliar

Selain itu, sangat disarankan untuk menjaga kapasitas baterai tidak turun di bawah 40 hingga 60 persen, terutama saat kendaraan tidak digunakan dalam waktu lama.

Pengisian daya yang terlalu sering hingga mencapai level rendah, seperti 20 persen atau bahkan 10 persen, juga sebaiknya dihindari.

Kategori :