OJK Tanggapi Rencana BEI yang Bakal Luncurkan Short Selling pada Okteber Mendatang

Rabu 24-07-2024,07:08 WIB
Reporter : Moes Mulyadi
Editor : Hanida Syafrina

Meskipun demikian, penerapan short selling tidaklah tanpa tantangan. Beberapa bursa di luar negeri telah membatasi atau bahkan melarang praktik ini karena potensi risiko yang melekat.

Namun demikian, Irvan percaya bahwa dengan aturan yang tepat dan pengawasan yang ketat, short selling dapat memberikan manfaat signifikan bagi pasar modal Indonesia.

Sebagai langkah awal, BEI akan memperkenalkan konsep Intraday Short Selling, di mana investor diwajibkan untuk menutup posisi short mereka pada akhir hari perdagangan.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko gagal bayar dan memastikan bahwa aktivitas short selling dilakukan dengan tanggung jawab.

BACA JUGA:Sebar Video dan Foto Asusila Pacar, Pria Asal Tangerang Ditangkap Petugas Siber Ditreskrimsus Polda Sumsel

"Kami mengapresiasi inisiatif BEI untuk memperkenalkan short selling sebagai langkah untuk meningkatkan likuiditas pasar," kata seorang analis pasar modal yang enggan disebutkan namanya.

Menurut analis pasar modal ini, perlu dilakukan pengawasan yang ketat dan edukasi yang intensif kepada para investor agar praktik ini tidak disalahgunakan.

Secara keseluruhan, pengenalan short selling di BEI diharapkan dapat menjadi dorongan positif bagi pasar modal Indonesia. Dengan regulasi yang tepat dan infrastruktur yang matang, praktik ini memiliki potensi untuk memperdalam pasar, meningkatkan transparansi, dan memberikan lebih banyak pilihan bagi investor dalam mengelola portofolio mereka.*

Kategori :