Nama ini juga dimulai dengan huruf "A", yang secara strategis menempatkan perusahaan di bagian atas daftar alfabet dalam direktori dan pencarian online.
Coca-Cola
Nama "Coca-Cola" diciptakan oleh Frank Robinson, akuntan John S. Pemberton, yang menemukan minuman tersebut. Nama ini berasal dari dua bahan utama dalam minuman tersebut, yaitu daun koka dan kacang kola.
Robinson juga merancang logo dengan tulisan tangan yang khas, yang masih digunakan hingga saat ini. Nama dan logo Coca-Cola mencerminkan rasa yang eksotis dan unik dari minuman tersebut, serta memberikan identitas yang kuat dan mudah dikenali di pasar.
Loei, Thailand - May 10, 2017 Hand holding samsung s8 with mobile application for Google on the screen-freepik-freepik
IKEA
Nama "IKEA" adalah singkatan dari nama pendiri perusahaan, Ingvar Kamprad, dan nama tempat ia dibesarkan, yaitu Elmtaryd (pertanian keluarga Kamprad) dan Agunnaryd (desa tempat pertanian tersebut berada).
Kamprad memilih nama ini untuk menghormati akar keluarganya dan mencerminkan komitmennya terhadap nilai-nilai kerja keras dan inovasi yang berasal dari lingkungannya. Nama ini juga membawa kesan kebanggaan dan identitas Swedia yang kuat.
Adidas
Nama "Adidas" berasal dari nama pendiri perusahaan, Adolf Dassler, yang dikenal dengan panggilan "Adi". Gabungan nama panggilan ini dan nama belakangnya menghasilkan "Adidas".
Dassler ingin nama brand-nya mencerminkan dirinya sendiri, serta komitmen terhadap kualitas dan performa yang tinggi dalam produk olahraga. Selain itu, nama ini juga mudah diingat dan diucapkan dalam berbagai bahasa, membuatnya menjadi brand global.
BACA JUGA:Logitech Memperkenalkan G309 Lightspeed: Mouse Gaming Wireless Tanpa Baterai
Samsung
Nama "Samsung" berasal dari bahasa Korea yang berarti "tiga bintang". Lee Byung-chul, pendiri Samsung, memilih nama ini karena "tiga" melambangkan sesuatu yang besar, kuat, dan tahan lama, sementara "bintang" melambangkan keabadian. Lee berharap perusahaan yang ia dirikan akan menjadi besar, kuat, dan bertahan lama seperti bintang di langit.
Cerita-cerita ini tidak hanya menarik, tetapi juga memberikan kita wawasan tentang bagaimana sebuah nama dapat memainkan peran penting dalam membangun identitas dan reputasi brand di pasar global. Nama yang dipilih dengan cermat dapat mencerminkan nilai-nilai inti perusahaan, menarik pelanggan, dan menciptakan koneksi emosional yang kuat.
Selain itu, pemilihan nama yang tepat dapat membantu perusahaan untuk lebih mudah dikenali dan diingat oleh konsumen di seluruh dunia. Nama-nama yang sederhana namun bermakna dapat meninggalkan kesan yang mendalam dan membedakan brand tersebut dari kompetitor.(*)