Usia Bukanlah Sebuah Penghalang. Greta Thunberg Sudah Tertarik dengan Lingkungan Sejak Kecil, Siapakah Dia?

Minggu 26-05-2024,16:30 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Muhadi Syukur

Ia juga menciptakan karya seni musik dengan merekam esai perubahan iklim untuk album baru The 1975, ia menerima penghargaan "Freedom Prize" dari daerah Normandy di Prancis untuk perannya dalam kampanye perubahan iklim.

Greta juga menjalankan janjinya untuk tidak naik pesawat dan memilih jalur laut untuk bepergian saat harus memenuhi undangan untuk hadir di dua konferensi perubahan iklim di Amerika Serikat. Ia melaut selama dua minggu dari Inggris ke Amerika.

Ia juga dijuluki 'Game Changer Of The Year' dalam ajang penghargaan GQ Men Of The Year Awards 2019 dan muncul di halaman muka majalah GQ pada Oktober lalu.

BACA JUGA:Langkah Peduli Lingkungan Pengumuman Harga Penjualan Mobil Listrik L100 EV

 

Didiagnosis mengidap Asperger

Keterangan gambar,Greta telah dianugerahi berbagai macam penghargaan dan menjadi salah satu kandidat termuda untuk menerima Nobel Peace Prize.

Empat tahun lalu, Greta didiagnosis mengindap sindrom Asperger, salah satu bentuk autisme.

"Menjadi berbeda merupakan anugerah," katanya kepada BBC, "Ini membuatku bisa melihat sesuatu dari sudut berbeda. Saya tidak mudah percaya pada kebohongan, saya bisa melihat secara jelas. Kalau saya sama dengan kebanyakan orang, aku tidak akan memulai gerakan membolos sekolah (untuk berdemonstrasi), misalnya."

BACA JUGA:Mitsubishi L100 EV Inovasi Ramah Lingkungan, Ini Keunggulannya

Dalam wawancaranya dengan majalah musik Rolling Stone, ia menyebut Rosa Parks, aktivis HAM asal AS, sebagai wanita pertama yang menginspirasinya.

"Saya jadi tahu bahwa dia adalah seorang introver, dan saya juga seorang introver," katanya.

Berbicara soal Rosa Parks, Greta mengungkapkan bagaimana "satu orang dapat membuat perubahan yang begitu besar."

Kini, Greta menjadi suara yang mewakili aktivis perubahan iklim - pencapaian yang luar biasa dalam waktu singkat.

Greta Thunberg telah menginspirasi jutaan orang di dunia untuk merapatkan barisan dan berkampanye, ia juga tampil di acara-acara penting mengenai perubahan iklim.

Media mengikutinya ke manapun dan meskipun Greta mengatakan ia masih terlalu muda untuk membuat pernyataan, ia tidak akan berhenti karenanya.

Kategori :