PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kampas ganda pada motor matic adalah komponen krusial yang terdiri dari dua unit kopling, yaitu kopling primer (sentrifugal) dan kopling sekunder yang terletak di sebelah transmisi.
Fungsinya penting dalam menyalurkan dan memutus putaran mesin dari CVT depan ke belakang. Sayangnya, kondisi kampas ganda dapat terpengaruh dan mengalami keausan, terutama pada satu sisi.
Berikut ini adalah ulasan mengenai penyebab umum dan solusi agar kampas ganda motor matic tidak cepat habis sebelah.
Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah
BACA JUGA:Teknik Setengah Kopling dalam Mengemudi Mobil Manual: Fungsi, Dampak Negatif, dan Tips Perawatan
1. Membawa Beban Berat:
Salah satu penyebab utama keausan kampas ganda motor matic adalah membawa beban melebihi kapasitas yang dianjurkan. Komponen tersebut dan v-belt akan mengalami beban berlebih, mempercepat keausan kampas dan retakan pada v-belt.
2. Penggunaan Saat Kondisi Jalan Macet:
Penggunaan motor matic dalam kondisi jalan macet dapat menyebabkan kampas ganda bergesekan secara berlebihan, mengakibatkan keausan lebih cepat. Disarankan untuk mengurangi menahan gas saat berhenti dan menggunakan rem untuk menahan motor.
BACA JUGA:Mau Pulang Kampung Natal & Tahun Baru? Pakai Mobil Listrik Neta V Aja: Ini Penjelasannya
3. Kondisi Jalanan Menanjak:
Saat motor matic digunakan pada jalanan menanjak, gesekan kampas terjadi, dan kampas dapat menjadi aus sebelah. Disarankan untuk menghindari menahan gas saat menanjak dan lebih sering menggunakan rem.
4. Menahan Gas Saat Motor Berhenti:
Menahan gas saat motor matic berhenti dapat menyebabkan gesekan antara dua unit kopling, menyebabkan keausan sebelah kampas. Disarankan untuk tidak menahan gas saat motor diam.
BACA JUGA:Strategi Baru Hamas: Transformasi Jalur Gaza Menjadi Ancaman Dan Mimpi Buruk Bagi Israel