Jangan Jadi Mahasiswa Kupu-kupu! Ini Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Semasa Kuliah

Jangan Jadi Mahasiswa Kupu-kupu! Ini Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Semasa Kuliah

Ilustrasi mahasiswa dan mahasiswi.-StockSnap-pixabay.com/StockSnap

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menjadi seorang mahasiswa sangat beruntung, karena akan memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan potensi dirinya saat mengenyam pendidikan. Rugi rasanya apabila peluang emas tersebut tidak dimanfaatkan dan hanya dihabiskan untuk kegiatan kuliah lalu lanjut pulang. Kalau kata mahasiswa, bahasa kerennya ‘kupu-kupu’ alias kuliah pulang-kuliah pulang

Bahkan dalam UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, menyebutkan fungsi pendidikan tinggi untuk mengembangkan civitas akademika yang inovatif, kreatif, responsif, terampil, berdaya saing, serta kooperatif. Jadi, ada banyak hal yang dapat dilakukan mahasiswa di luar jam kuliah untuk mengembangkan hard skill ataupun soft skill.

Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa agar tidak menjadi mahasiswa kupu-kupu versi mimin, dibaca sampai habis yah.

1. Ikut organisasi dalam kampus maupun luar kampus

BACA JUGA:Gusi Anda Bengkak dan Iritasi? Lakukan Cara Ini untuk Mengobatinya

BACA JUGA:Ramuan Herbal Turunkan Kadar Kolestrol Secara Alami

Setiap Perguruan Tinggi pasti memiliki banyak organisasi di dalamnya, baik organisasi tingkat universitas, fakultas maupun jurusan. Bahkan ada juga organisasi yang berada di luar lingkup kampus seperti organisasi kedaerahan. 

Dilansir dari situs Universitas Gadjah Mada (UGM), ada beberapa manfaat yang didapatkan mahasiswa dari mengikuti organisasi di kampus, di antaranya mendapat relasi baru yang lebih luas, menambah rasa kepercayaan diri, menambah pengalaman, belajar manajemen waktu, dan membentuk karakter diri.

2. Ikut magang atau kerja paruh waktu

Beberapa mahasiswa yang sudah mulai memasuki semester atas pasti akan memiliki lebih banyak waktu luang. Nah, hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengikuti program magang ataupun kerja paruh waktu (part time). Untuk informasi magang dan lainnya dapat kamu cari tahu melalui internet atau bahkan informasi yang kadang disebar oleh organisasi jurusan.

BACA JUGA:Video: Raup Pundi-pundi Rupiah dari Merakit Action Figure

BACA JUGA:Kenal Tony Stark? Berikut Fakta Ironman yang Mungkin Belum Diketahui Semua Orang

Dengan mengikuti program atau kerja paruh waktu paling tidak bisa mendapat pengalaman baru dan memperluas jaringan. Selain itu juga, dapat melatih hard skill maupun soft skill seperti sikap tanggung jawab, komitmen, kerja sama tim, dan lainnya.

3. Mengikuti berbagai lomba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber