Program Bedah Rumah di Baturaja Barat tahun 2022 Selesai, Pj Bupati OKU Serahkan Kepada Pemilik

Program Bedah Rumah di Baturaja Barat tahun 2022 Selesai, Pj Bupati OKU Serahkan Kepada Pemilik

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah didampingi Kepala Dinas PU Perkim Ulia Mahdi menyerahkan rumah warga yang selesai direnovasi Pemkab OKU.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Sebanyak 28 rumah tak layak huni di Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten OKU, dibedah Pemkab OKU melalui Dinas PU Perkim. Pj Bupati OKU serahkan bantuan bedah rumah tersebut secara simbolis pada Musrenbang Kecamatan Baturaja Barat, Jum'at 17 Februari 2023 petang.

Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah mengungkapkan program bedah rumah tersebut dianggarkan setiap tahun, untuk  membantu masyarakat dengan kondisi rumah yang tak layak huni menjadi layak huni. Program tersebut rutin dilakukan setiap tahun untuk menekan angka kemiskinan.

"Melalui program ini sedikit banyak membantu menekan jumlah masyarakat miskin di OKU. Program ini adalah stimulan dari pemerintah dengan harapan ke depan ada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Teddy.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten OKU Ir Ulia Mahdi di sela kegiatan Musrenbang mengungkapkan, RTLH merupakan program Dinas PU Perkim yang telah lama dijalankan di Kabupaten OKU. Hingga saat ini sudah banyak rumah masyarakat OKU yang menerima program tersebut.

BACA JUGA:Video: Bayi Perempuan Cantik dalam Kardus di Desa Penuguan

BACA JUGA:PJ Bupati Teddy Pastikan Hadiri Musda Muhammadiyah OKU

"Kali ini kita menyerahkan secara simbolis bantuan program RTLH ini kepada masyarakat OKU yang berada di wilayah Baturaja Barat. Bedah rumah ini memang menjadi program tahunan di Kabupaten OKU," ujar Ulia. 

Dikatakan Ulia, untuk di wilayah Kecamatan Baturaja Barat sebanyak 28 unit rumah warga yang dinilai tidak layak huni menerima program bedah rumah. Bedah rumah di Baturaja Barat ini berbeda dengan di Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) lalu yang menggunakan anggaran APBN.

Untuk di Kecamatan Baturaja Barat ini, program bedah rumah menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) OKU Tahun 2022.

"Sebenarnya masih banyak rumah yang bisa menerima manfaat program ini, namun kita dahulukan yang memang penting dan mendesak. Untuk di Kecamatan Baturaja Barat ini ada 28 unit rumah dan semuanya telah selesai direnovasi dengan menggunakan APBD tahun 2022," jelas Ulia.

BACA JUGA:Bertahan Hidup di Perantauan? 5 Tips Hemat Uang Bulanan Ala Anak Kos

BACA JUGA:Permasalahan Cagar Budaya akan Dibahas dalam Paripurna DPRD Kota Palembang

Untuk renovasi satu unit rumah program RTLH, Dinas PU Perkim Kabupaten OKU menganggarkan sebesar Rp17.500.000 per unit. Di Kabupaten OKU, sepanjang tahun 2022 sudah seratus unit rumah direnovasi di Kabupaten OKU. 

"Per unit rumah kita anggarkan Rp17.500.000 untuk tahun 2022. Nah untuk tahun 2023 ini ada kenaikan sebesar Rp2.500.000, atau totalnya Rp20 juta per unitnya," jelas Ulia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv