Hm.. Nikmatnya Kue Putu Ayu Jumbo, Bagaimana Bikinnya?

Hm.. Nikmatnya Kue Putu Ayu Jumbo, Bagaimana Bikinnya?

Kue Putu Ayu Jumbo topping keju.-Sandy Pratama-paltv.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jika biasanya kue yang satu ini disajikan dengan bentuk mini, di tangan Andriyeni warga Tegal Binangun Palembang ini, kue putu ayu dikreasikan dengan bentuk jumbo dengan berbagai topping yang menggugah selera.

Kue putu ayu, satu dari sekian banyak kuliner atau jajanan pasar asal Jawa Tengah, yang kini tak asing lagi bagi mayoritas masyarakat di Indonesia, tak terkecuali di Kota Palembang.

Jika biasanya kue putu ayu disajikan dengan ukuran mini lengkap dengan parutan kelapa di atasnya, warga Tegal Binangun satu ini justru mengkreasikan kue putu ayu dengan ukuran jumbo, di dalam loyang 24 kali 24 sentimeter. 

Selain ukurannya yang menarik, kue putu ayu jumbo yang disajikan juga diinovasikan dengan berbagai varian rasa. Mulai dari original, diberi tambahan topping keju dan juga tambahan coklat di dalamnya.

BACA JUGA:Asah Kreativitas Anak dengan Bikin Topi Koki, Begini Caranya

BACA JUGA:6 Cara Diet Cepat dan Sehat yang Wajib Anda Tahu


Andriyeni, pembuat Kue Putu Ayu Jumbo.-Sandy Pratama-paltv.co.id

Jadi tak heran jika kue putu ayu tersebut sangat digemari anak-anak, lantaran tampilannya yang menarik, tekstur yang lembut, dan juga aroma daun pandan yang dimunculkan semakin menggugah selera.

Untuk membuat kue putu ayu ukuran jumbo tersebut tak begitu sulit. Pertama-tama, masukkan gula pasir, telur, vanili bubuk, dan garam ke dalam wadah, lalu diaduk menggunakan mixer hingga mengembang. Kemudain masukkan tepung terigu lalu aduk hingga merata. Selanjutnya masukkan santan dan pasta pandan, lalu aduk lagi hingga merata.

Langkah selanjutnya, masukkan setengah adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak sayur, lalu dikukus hingga matang. Langkah berikutnya masukkan gula merah lalu dimasukkan lagi sisa adonan terakhir, kemudian masak hingga matang. Anda dapat pula menambahkan topping keju atau coklat meses di atasnya.

Untuk harga kue putu ayu jumbo, Andriyeni membandrolnya mulai dari Rp35 ribu hingga Rp60 ribu per loyang, tergantung ukuran. Dengan mengandalkan penjualan secara online, setidaknya dalam sehari dua puluh hingga tiga puluh loyang dapat terjual.

BACA JUGA:Video: Pernak Pernik yang Banyak Dicari Jelang Imlek

BACA JUGA:Kaum Milenial Bisa Juga Loh Beli Rumah Idaman, Begini Tipsnya

“Asalnya sih dari putu ayu yang suka dijajakan keliling itu. Nah, sekarang divariasikan jadi bolu putu ayu jumbo. Ada topping keju atasnya, biar bervariasi untuk anak-anak. Anak-anak sukanya keju. Bisa juga diberi coklat atau meses di atasnya selain kelapa. Alhamdulillah konsumen kami semakin banyak,” terang Andriyeni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id