Gorontalo Jadi Tuan Rumah PTK PWN XVI

Gorontalo Jadi Tuan Rumah PTK PWN XVI

Kontingen IAIN Raden Fatah ikut meriahkan PWN PTK XVI di Gorontalo-Zannuba Chavilla Andjari-koleksi pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) kembali digelar tahun ini. Kegiatan Pramuka ini memilih Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo sebagai tuan rumah kegiatan selama enam hari, 22 sampai 27 Mei 2023.

PWN PTK tahun ini merupakan agenda Kementerian Agama ke-16 yang pelaksanaannya setiap dua tahun sekali. Setelah sebelumnya pada tahun 2021 sukses terselenggara di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan.

Pembukaan PWN PTK XVI dihelat di lapangan Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai yang dibuka langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Turut dihadiri juga oleh  Ketua Kwartir Pramuka Nasional, Komjen. Pol Budi Waseso, Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani yang juga bertugas sebagai Ketua Panitia Penyelenggara acara ini.  Selasa, (22/05/2023).

BACA JUGA:Rilis lagu Dance The Night, Dua Lipa Isi Soundtrack Film Barbie

BACA JUGA:7 Gunung Mistis Terseram Di Indonesia

Dalam sambutannya sebagai inspektur upacara, Yaqut Cholil mengatakan kalau PWN PTK XVI  harus dijadikan  momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman.

Menteri Yaqut sangat mengapresiasi tema PWN PTK XVI, karena anak muda zaman sekarang memang tidak bisa diam saja, tetapi harus kreatif dan inovatif. Untuk meneguhkan peran pemuda dalam membangun bangsa.

Perkemahan tingkat nasional ini diikuti oleh 1.200 peserta yang berasal dari 68 Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia dan 4 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang ada di Provinsi Gorontalo dengan mengusung tema “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama”.

Dalam agenda perkemahan ini dibagi menjadi dua jenis kegiatan, yaitu Pengabdian dan Penguatan Kompetensi Kepramukaan.

BACA JUGA:Menyehatkan, Tidur Dengan Lampu Redup

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dalam Suku Korawai dan Kombai yang Jarang Diketahui

Sebagian peserta turun langsung dalam pengabdian kepada masyarakat yang berada di sekitar IAIN Sultan Amai Gorontalo, yakni ini Desa Daenaa, Desa Pentadio, Desa Tilihua, dan Desa Botubarani.

Sementara, pada kegiatan kompetisi kepramukaan, sebagian peserta menetap di bumi perkemahan yang akan mengikuti berbagai  bentuk seminar, FGD, dan keterampilan teknik dan kepramukaan tepat guna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber