Mengenal Lebih Dalam Suku Korawai dan Kombai yang Jarang Diketahui

Mengenal Lebih Dalam Suku Korawai dan Kombai yang Jarang Diketahui

Pria Suku Kombai di Papua.-Emiliano Scatarzi-instagram.com/@e_____z

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia tentu saja terkenal akan kekayaan yang dimilikinya. Baik kaya akan sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Indonesia juga kaya akan keberagaman, baik agama, suku bangsa, budaya, dan masih banyak keragaman lainnya.

Indonesia dengan situasi maupun kondisi geografis negara kepulauan, tentu saja membuat negara tercinta ini tidak hanya terkenal akan keindahan bentang alamnya, tetapi juga negara ini menyimpan banyak sekali kekayaan nusantara yang dimilikinya. Salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia ialah budaya dan juga suku.

Ratusan suku bangsa tersebar di Indonesia jika diurutkan dari Sabang sampai Merauke. Tapi, tidak banyak masyarakat indonesia yang mengenal dan mengetahui keberagaman suku yang tersebar di negara kita ini. Biasanya, hanya suku yang besar, mudah dijangkau dan terkenal saja yang kerap diketahui oleh banyak orang.

Suku Korawai dan Kombai merupakan salah satu suku yang berada di Pulau Papua, tepatnya di Provinsi Papua Selatan dan Papua Barat. Suku Korawai dan Kombai ini merupakan salah satu suku pedalaman yang terkenal masih mempraktikkan kanibalisme di Indonesia.

BACA JUGA:Artis Irfan Hakim Bahagia Jadi Juri Pameran Ikan Hias Internasional

BACA JUGA:Sikap Orang Tua yang Menyebabkan Anak Tertekan


Seorang remaja Suku Korawai di Papua membawa seekor anjing menaiki anak tangga rumahnya di atas pohon.--instagram.com/@red_forestal

Suku Korawai dan Kombai di Indonesia ini termasuk suku di dunia yang masih menganut kanibalisme, yang biasa kita kenal dengan memakan daging sesama manusia. Ih, serem banget gak sih? Eits tenang! Walaupun mereka masih menerapkan kanibalisme, makanan pokok suku ini sama seperti orang Papua kebanyakan, yakni sagu.

Praktek kanibalisme itu sendiri tidak setiap hari dilaksanakan, melainkan hanya di momen-momen tertentu. Seperti hukuman terhadap seseorang yang masih menerapkan ilmu sihir maupun ilmu magis.


Rumah pohon Suku Korawai di Papua.--instagram.com/@red_forestal

Tidak hanya terkenal akan kanibalismenya, suku ini juga terkenal akan rumahnya yang terletak di atas pohon tinggi belantara Papua. Keberadaan rumah mereka yang berdiri di atas pohon-pohon besar juga merupakan salah satu hal yang menarik perhatian dari suku ini. Bagaimana tidak, rumah mereka berada di ketinggian rata-rata 70-80 meter.

Keunikan dari Suku Korawai dan Suku Kombai ini terlihat dari meskipun mereka merupakan etnis yang berbeda, kedua suku ini masih hidup secara berdampingan dan juga akur. Suku Korawai dan Kombai ini memiliki bahasa tersendiri untuk berbicara dengan kelompoknya. Saking dekatnya, mereka bisa mengelola kehidupan secara bersama-sama walaupun merupakan etnis yang berbeda.

BACA JUGA:Sempat Naik, Harga Telur Jadi Rp29 Ribu

BACA JUGA:Seluruh Jemaah Haji Prabumulih Lunas BPIH Berangkat 27 Mei 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber