Dinas PPPA OKU Peringati Puncak Hari Kartini ke-144

Dinas PPPA OKU Peringati Puncak Hari Kartini ke-144

Dinas PPPA OKU selenggarakan peringatan puncak hari Kartini ke-144, Selasa (23/5/2023).-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) OKU menggelar peringatan hari Kartini yang ke-144 di Gedung Kesenian Baturaja pada hari Selasa, 23 Mei 2023.

Dalam memperingati hari Kartini tersebut, DPPPA Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengadakan kegiatan pengembangan masyarakat untuk meningkatkan kualitas keluarga.

Pada peringatan hari Kartini kali ini, DPPPA mengambil tema 'Meneladani Perjuangan Kartini untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Perempuan Kabupaten OKU'.


Kepala Dinas PPPA OKU Ir Arman MSi.-Ari Pranika-PALTV

Kepala Dinas (Kadin) PPA OKU, Ir H Arman MSi melalui Sekertaris Dinas (Sekdin) PPA OKU, H Joni Herawan dalam sambutanya mengungkapkan, peringatan ini bertujuan dalam mengingat perjuangan Raden Ayu (RA) Kartini dalam mewujudkan kesetaraan antara perempuan dan laki laki, atau yang sering disebut kesetaraan gender di era modern.

"Peringatan ini kita lakukan untuk mengingat perjuangan RA Kartini, secara khusus perjuangan  dalam bidang pendidikan dan secara umum perjuangan dalam kesetaraan gender di semua bidang," ungkap Joni.

BACA JUGA:Inilah Deretan Band Asal Indonesia yang Terinspirasi dari Karya Musik Coldplay

BACA JUGA:Nantikan! Drama Korea yang Tayang Bulan Juni 2023


H Joni Herawan, Sekertaris Dinas (Sekdin) PPPA OKU.-Ari Pranika-PALTV

Dikatakan Joni, kegiatan hari ini merupakan puncak peringatan hari Kartini, di mana sebelumnya pihaknya telah lebih dahulu menggelar rangkaian acara seperti perlombaan gobak sodor, pesan berantai dan kegiatan lainnya.

"Untuk pemenang lomba juga diberikan hadiah dan uang pembinaan. Semoga di tahun depan peringatan hari Kartini bisa lebih meriah lagi," harapnya.


Pada peringatan hari Kartini kali ini, Dinas PPPA OKU mengambil tema 'Meneladani Perjuangan Kartini untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Perempuan Kabupaten OKU', Selasa (23/5/2023).-Ari Pranika-PALTV

Sementara itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Hj Indrawati Sahriyal mengatakan, peringatan hari Kartini ini memang menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Gabungan Organisasi Wanita setiap tahunnya. Hal ini dilakukan untuk menghormati jasa RA Kartini, sehingga wanita-wanita di Kabupaten OKU bisa berekspresi.

"Perlu diketahui zaman dahulu memang wanita memiliki derajat yang rendah dibandingkan kaum lelaki, wanita sering dianggap lemah bahkan sering dijadikan pelayan bagi para lelaki. Pelecehan pada saat itu sering terjadi dan berkat pejuangan RA Kartini, derajat kaum perempuan disetarakan dengan kaum laki laki," kata Hj Indrawati menceritakan sejarah RA Kartini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv