Berikut Beberapa Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Radang Usus

Berikut Beberapa Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Radang Usus

Berikut Beberapa Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Radang Usus--Istimewa

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pernahkah Anda mengalami gejala seperti sakit perut yang menjalar dari atas pusar ke perut kanan bawah, mual, muntah, demam ringan, perutbengkak, bahkan nyeri saat menyentuh 'perut'? Jika Anda mengalami satu atau lebih gejaladan menetap untuk waktu yang lama, hal ini tidak boleh dianggap enteng.

Beberapa gejala tersebut bisa jadi merupakan tanda radang usus buntu atau appendicitis. Diketahui bahwakelainan ini dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan tertentu yang umumnya dianggap sepele tetapi dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa kebiasaan ini agar tidak terkena radang usus buntu di kemudian hari. Berikut ulasan lengkapnya!

Mengutip dari halodoc.com, Beberapa Macam Macam Penyebab Apendisitis Apendisitis adalah peradangan yang menyerang saluran kecil seperti jari yang menggantung di bagiankanan bawah usus besar. Peradangan biasanya disebabkan oleh infeksi atau penyumbatan pada saluran pencernaan.

Dalam beberapa kasus, itu bisa terjadi karena kebiasaan yang tidak penting. Jika tidak diobati, usus buntu yang terinfeksi dapat pecah, juga dikenal sebagai usus buntu yang pecah.

BACA JUGA:Longsor, Akses ke Curup Lumpuh Total

BACA JUGA:Bingung Puasa Sebentar Lagi? Nih Beberapa Tips Agar Kuat Menjalani Puasa!

Apendisitis mempengaruhi 1 dari 500 orang setiap tahun. Risiko radang usus buntu meningkat seiring bertambahnya usia, memuncak antara usia 15 dan 30 tahun. Menurut Harvard Health Publishing, radang usus buntu adalah alasan utama untuk operasiperut pada anak-anak, dengan 4 dari 3. 1.000 anak perlu usus buntunya diangkat sebelum usia 14 tahun.

Selain itu, usus buntu juga kerap disebut sebagai penyakit akibat gaya hidup yang kurang sehat saat mengonsumsi makanan. Berikut ini kebiasaan sepele yang dapat sebabkan radang usus buntu, antara lain: 

•  Sering Menahan Kentut. Kebiasaan yang sepele ini dapat memicu radang usus buntu. Hal ini karena saat gas berada dalam saluran pencernaan menjadi tertahan. Akibatnya, membuat dinding usus menjadi tipis sehingga risiko peradangan usus buntu menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, usahakan untuk segera mengeluarkan kentut.

•  Gemar Mengonsumsi Makanan yang Dibakar. Faktanya, makanan yang diolah menggunakan arang dan membuat bagian makanan tersebut tampak hitam adalah hal yang berbahaya. Makanan yang dibakar mengandung zat karsinogen yang bisa memicu kanker serta gejala usus buntu. Beberapa jenis makanan tersebut adalah satai, ayam bakar, atau ikan bakar.

•  Sering Makan Gorengan. Tidak hanya makanan yang dibakar, makanan yang digoreng juga memiliki kandungan zat karsinogen yang berbahaya. Oleh karena itu, kamu wajib mengurangi Makan Gorengan atau menghentikannya. Alternatif yang lebih sehat adalah mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

•  Mengonsumsi Daging Kalengan. Faktanya, bermacam jenis daging instan di supermarket juga merupakan pilihan yang buruk untuk dikonsumsi setiap hari. Daging instan diduga memiliki kandungan zat karsinogen yang memicu radang usus buntu.

•  Jajan Sembarangan. Radang usus buntu bisa disebabkan karena adanya infeksi bakteri, misalnya bakteri jenis Salmonella dan E. Coli, bisa hidup di makanan yang kurang higienis. Oleh sebab itu, jika kamu terbiasa Jajan Sembarangan, radang usus buntu jadi lebih mudah menyerang. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: