Mengenal Suku Kalang Jawa, Dikucilkan Karena Sifat Liar dan Mitos Memiliki Kelainan Genetis Yakni Punya Ekor

Mengenal Suku Kalang Jawa, Dikucilkan Karena Sifat Liar dan Mitos Memiliki Kelainan Genetis Yakni Punya Ekor

Mengenal Suku Kalang Jawa, Dikucilkan Karena Sifat Liar dan Mitos Memiliki Kelainan Genetis Yakni Punya Ekor --instagram.com/@-bercerita.sejarah

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Suku Kalang atau Wong Kalang merupakan salah satu suku Jawa yang konon dipaksa tinggal di daerah pengasingan. Ini disebabkan Suku Kalang ini memiliki sifat liar dan mitos yang beredar kalau mereka memiliki kelainan genetis yakni punya ekor.

Karena sifat liar ini Suku Kalang,  dipaksa tinggal jauh di dalam hutan, di tepi sungai, lereng-lereng gunung, sehingga tanah tandus yang tidak terjamah oleh masyarakat.

Belum lagi mitos kelainan genetis yang menyebabkan Suku Kalang berbeda dari manusia pada umumnya.Baik postur tubuh yang besar dan agak membungkuk, serta beberapa diantara orang suku Kalang ini memiliki ekor.

Suku Kalang dikucilkan oleh masyarakat mayoritas kala itu karena mitosnya memiliki ekor. Cerita itulah yang kemudian menyebar dan muncul mitos bahwa orang dari Suku Kalang memiliki ekor.

BACA JUGA:Kisah Sepeda Motor Injeksi Pertama di Indonesia yang Menarik Diketahui

Bukan hanya itu saja mitos lainnya yang berkembang di masyarakat konon Pada zaman dahulu kala ada seorang putri yang terpaksa menikah dengan seekor anjing karena termakan sumpahnya sendiri.

Suku Kalang dikenal juga sebagai salah satu suku yang sakti yang pernah mengalahkan suku dayak di zaman Kerajaan Majapahit. Kali ini kita akan membahas mengenai Suku kalang yang mitosnya mempunyai ekor, yang telah kami himpun dari berbagai sumber.

Kalang diambil dari bahasa Jawa artinya batas. Hal ini lantaran mereka sengaja dikucilkan karena dianggap liar dan berbahaya.

Suku Kalang dikenal sebagai salah satu suku paling sakti di Indonesia selain suku Dayak. Pada zaman dahulu suku ini dikucilkan dan dibully lantaran perilakunya.

BACA JUGA:‘Tujah’ Korban Karena Ketahuan Maling, Residivis Kambuhan Ditangkap Buser Polsek Seberang Ulu I Palembang

Orang dari Suku kalang ini memiliki badan yang lebih tinggi dari masyarakat pada umumnya dengan postur badan membungkuk. Suku Kalang dikenal juga sebagai orang purba yang pernah menghuni hutan yang ada di Pulau Jawa khususnya antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. 

Mitos Memiliki Ekor:

Ternyata ekor tersebut bisa dibuktikan secara ilmiah melalui penuturan seorang warga Ambarawa keturunan ke-5 generasi orang Kalang sendiri.

Disebutkan bahwa ada beberapa keturunan Suku Kalang yang memang punya ‘ekor’. orang kalang memiliki tonjolan di pangkal tulang punggung atau tulang di ekor tapi bukan ekor binatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber