Lanud Srimulyono Herlambang bersama Tim Petugas Keamanan Bandara SMB II Gagalkan Penyelundupan Ganja Kering

Lanud Srimulyono Herlambang bersama Tim Petugas Keamanan Bandara SMB II Gagalkan Penyelundupan Ganja Kering

Danlanud Srimulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo menunjukkan barang bukti ganja kering seberat 769 gram, yang akan diselundupkan lewat Bandara SMB II tujuan Palembang-Lombok, Sabtu (23/9/2023).-Luthfi-PALTV

PALEMBANG-PALTV.CO.ID - Tim Petugas Keamanan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II yang terdiri anggota TNI AU Lanud Srimulyono Herlambang (SMH), Avsec dan Kepolisian, telah berhasil menggagalkan penyelundupan ganja kering seberat 769 gram tujuan Palembang-Lombok, pada hari Sabtu, 23 September 2023.

Untuk mengelabui petugas, ganja kering tersebut dibalut celana jeans dan dimasukkan di dalam kotak yang dibungkus dengan rapih dan menggunakan bubble warp.

Komandan Lanud Srimulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo didampingi Kepala Avsec Adi Candra dan Perwakilan dari Polda Sumsel Bripka Riki, menyampaikan dalam press release bahwa pihaknya telah  menemukan barang yang mencurigakan, sehingga terpaksa harus dilakukan pengecekan lebih lanjut.

“Kronologi kejadian yakni pada pukul 10:40 WIB saat barang-barang kargo yang masuk di seksi kargo di Bandara SMB II. Dilaksanakan pengecekan melalui peralatan X-Ray dan dicurigai ada satu paket yang memiliki kondisi yang memang harus dicek dan harus dilakukan pemeriksa lebih lanjut. Setelah dilaksanakan pemeriksa lebih lanjut dan dibuka, ditemukan ada satu paket yang terindikasi kalau dicurigai dan ternyata barang berupa ganja kering, yang saat ditimbang beratnya adalah 769 gram,” kata Komandan Lanud Srimulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, saat press release di Terminal Kargo SMB ll, Sabtu, 23 September 2023.

BACA JUGA:Kontingen Banyuasin Juara Umum Cabor Menembak ISSF 10 Meter Porprov Sumsel XIV Lahat 2023


Danlanud Srimulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo memberi keterangan kepada jurnalis di Bandara SMB II Palembang, Sabtu (23/9/2023).-Luthfi-PALTV

Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo menegaskan bahwa Lanud Srimulyono Herlambang bersama seluruh stakeholder di Bandara SMB II Palembang, bersama-sama berupaya untuk menekan peredaran narkoba yang nantinya akan turun ke masyarakat dan akan merusak generasi muda.

“Kami menyadari bahwa bandara SMB II ini adalah objek vital nasional yang sangat strategis dan kami berupaya untuk mencegah segala kemungkinan yang terjadi. Kita berupaya untuk memanfaatkan objek vital yang strategis ini salah satunya berbagai pintu gerbang untuk peredaran narkoba dan kita akan berupaya dengan semaksimal mungkin bersama rekan-rekan official security dan Kepolisian ditambah stakeholder yang lain untuk berusaha, memfilter, dan menyekat semua kemungkinan masuknya dan beredarnya narkoba dari Bandara SMB II Palembang,” tegas Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo.

Untuk itu, Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo  mengingatkan agar tidak melakukan pengiriman barang haram atau sejenisnya yang akan merugikan masyarakat. Karena, Tim Keamanan Bandara SMB ll Palembang selalu melakukan pencegahan dalam bentuk apapun.

“Saya ingin menekankan sekali lagi, bahwa upaya apapun yang dilakukan seperti pengiriman melalui Bandara SMB II akan dilaksanakan prosedur secara ketat dan  terpadu. Sehingga seluruh unsur keamanan di sini untuk mencegah barang-barang yang memang dilarang diupayakan untuk tidak masuk ke bandara SMB II sekiranya barang-barang itu memang merugikan dari segala aspek,” urainya.

BACA JUGA:13 Tim Peserta Mini Soccer U-12 Antusias Bertanding, Anak-anak Palembang Unjuk Kebolehan di Lapangan Hijau


Serah terima barang bukti paket ganja kering seberat 769 gram oleh Tim Keamanan Bandara SMB II Palembang kepada Polda Sumsel yang diwakili Bripka Riki, Sabtu (23/9/2023).-Luthfi-PALTV

Menurut Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, Lanud, sejak tahun 2022 sudah enam kali menggagalkan pengiriman narkoba melalui Bandara SMB II Palembang dengan berbagai tujuan.

“Sejak Januari 2022 hingga September 2023, sudah sekitar enam kali dengan total 6,5 kilogram yang kita dapatkan dari hasil penyekatan kita selalu dengan kondisi yang sama dengan tujuan yang berbeda-beda,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv