Pengusaha UMKM Harus Tahu : Ini Aplikasi Yang Baiknya Dimanfaatkan Agar Usaha Bisa Bersaing di Era Digital

Pengusaha UMKM Harus Tahu : Ini Aplikasi Yang Baiknya Dimanfaatkan Agar Usaha Bisa Bersaing di Era Digital

Pengusaha UMKM Harus Tahu : Ini Aplikasi Yang Baiknya Dimanfaatkan Agar Usaha Bisa Bersaing di Era Digital--instagram.com/@sahabatumkm

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Transformasi digital dalam dunia bisnis telah menghasilkan manfaat yang signifikan bagi para pelaku usaha, khususnya dalam kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menurut laporan dari Boston Consulting Group dan Telkom, semangat para pelaku UMKM dalam mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan kinerja bisnis UMKM terus berkembang.

Transformasi ini melibatkan berbagai aspek, mulai dari mencapai konsumen digital hingga melakukan digitalisasi proses bisnis dan menganalisis pasar. Pelaku bisnis khususnya UMKM harus melek teknologi untuk mencapai kesuksesan.

Saat ini, para pelaku UMKM telah mengakses berbagai aplikasi yang berperan penting dalam memacu pertumbuhan bisnis mereka.

BACA JUGA:Riset Manulife Investment Management Mengungkap 69% Orang Indonesia Masih Bekerja Setelah Pensiun

Contoh nyata terlihat dalam industri e-commerce, di mana aplikasi seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada telah memberikan peluang perluasan pasar yang signifikan bagi UMKM.

Selain itu, dalam hal pencatatan keuangan, tersedia berbagai aplikasi yang memudahkan para pelaku UMKM, seperti Buku Warung, Moota, dan Teman Bisnis.

Transformasi digital ini bukan hanya sekadar tren, tetapi juga menjadi kebutuhan mendesak bagi UMKM untuk tetap bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Dengan semakin meluasnya akses terhadap teknologi digital, para pelaku UMKM memiliki kesempatan emas untuk mengoptimalkan potensi bisnis mereka dan meraih kesuksesan yang lebih besar di era digital ini.

BACA JUGA:Mengejutkan! Ternyata Ren Zhengfei Pendiri Huawei Mengakui Bahwa Dirinya Penggemar Apple

Canva, Visme, dan Photoshop adalah tiga aplikasi desain yang digunakan untuk membuat berbagai jenis materi visual, tetapi mereka memiliki fokus, kemampuan, dan penggunaan yang berbeda. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing aplikasi:

1. Canva

Canva adalah alat desain grafis berbasis web yang dirancang untuk memudahkan pembuatan berbagai jenis materi visual, termasuk poster, brosur, media sosial, presentasi, kartu nama, dan banyak lagi. Canva sangat populer karena antarmukanya yang intuitif dan berbagai template siap pakai.


Pengusaha UMKM Harus Tahu : Ini Aplikasi Yang Baiknya Dimanfaatkan Agar Usaha Bisa Bersaing di Era Digital--instagram.com/@sahabatumkm

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber