Presiden Jokowi Pastikan Stok Beras Cukup, Harga Komoditas Pangan Menurun di Pasar Jatinegara

Presiden Jokowi Pastikan Stok Beras Cukup, Harga Komoditas Pangan Menurun di Pasar Jatinegara

Presiden Jokowi Pastikan Stok Beras Cukup--Sumber: setkab.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID -  Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara langsung meninjau harga dan pasokan sejumlah komoditas pangan yang tersedia di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, pada pagi hari ini 19 September 2023

Dalam kunjungannya, Presiden menyampaikan bahwa kondisi harga beberapa komoditas pangan saat ini berada dalam kondisi yang baik.

Presiden Jokowi mengungkapkan, "Ya baik, harga kayak bawang merah turun, bawang putih juga turun, hanya satu memang masih (tinggi) beras." Pernyataan ini disampaikan kepada awak media usai peninjauan di pasar tersebut.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa pemerintah telah mengambil serangkaian langkah untuk menurunkan harga beras di pasaran.

BACA JUGA:Perlu Diwaspadai Harga Beras Terus Meningkat : Dampak Elnino Menjadi Salah Satu Penyebab

Langkah-langkah tersebut meliputi operasi pasar, baik di tingkat retail maupun grosir. "Dan kita harapkan mungkin dalam dua minggu, tiga minggu ini akan mulai turun meskipun juga sudah turun sedikit," ucapnya.

Tak hanya itu, Presiden juga memastikan bahwa pasokan beras nasional saat ini sudah mencukupi. Pemerintah telah memiliki stok beras sebanyak 2 juta ton, dengan 1,6 juta ton beras sudah berada di Indonesia dan 400 ribu ton beras lainnya masih dalam perjalanan.

Presiden menambahkan, "Itu pun masih akan kita tambah lagi 1 juta untuk memastikan bahwa stoknya itu ada sehingga kita tidak khawatir karena kekeringan produksi turun, ada stoknya."

Dalam peninjauan di Pasar Jatinegara, Presiden Jokowi didampingi oleh Pejabat Sementara (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya, Agus Himawan, serta Kepala Pasar Jatinegara, Febri Rozaldi.

BACA JUGA:Wow! Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka Hari Ini, Cek Formasi dan Cara Daftar CPNS di sscasn.bkn.go.id

Dengan upaya pemerintah yang terus dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan komoditas pangan, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaatnya dalam waktu yang tidak lama lagi. Presiden Jokowi menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan para pemangku kepentingan dalam menjaga ketahanan pangan negara.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumber: setkab.go.id