4 Alasan Umum Transmisi Mobil Otomatis Enggan Berpindah Gigi

4 Alasan Umum Transmisi Mobil Otomatis Enggan Berpindah Gigi

4 Alasan Umum Transmisi Mobil Otomatis Enggan Berpindah Gigi--Foto: mitsubishi-motors.co.id

Agar dapat menangani situasi ini dengan baik, lakukan pemanasan pada kendaraan supaya dapat membersihkan kotoran yang menempel. 

Jika transmisi telah dibersihkan, maka sistem pengoperasiannya akan menjadi lebih lancar. Namun, jika switch rem masih tidak berfungsi dengan baik, maka harus digantikan dengan yang baru.

Agar terhindar dari permasalahan tersebut, disarankan agar mobil dipanaskan selama minimal 5 menit sebelum digunakan setiap harinya.

BACA JUGA:iPhone 15 Menjadi Pembicaraan Hangat di China Meski Dilarang oleh Pemerintah

3 Kerusakan pada gearbox

Ada beberapa alasan lain yang dapat menyebabkan masalah, seperti kerusakan pada sistem gearbox atau lapisan pelindung kabel yang mengalami pengelupasan.

Jika Anda mengalami sensasi berat saat menginjak pedal gas, meskipun transmisi telah berhasil dipindahkan, ini menunjukkan ada gangguan pada sistem gearbox mobil anda.

Tanda tambahan lainnya adalah ketidakstabilan dalam perpindahan gigi. Jika terdapat masalah dengan gearbox mobil anda, disarankan untuk membawa kendaraan ke bengkel resmi agar dapat diperiksa dengan lebih detil oleh mekanik.

4. Pedal dan Switch terletak agak jauh dari satu sama lain.

Jika tidak ada penyebab lain yang menyebabkan masalah transmisi otomatis yang enggan berpindah gigi, kemungkinan lain adalah jika jarak antara switch rem dan pedal terlalu berjauhan.

Dengan berjalanannya waktu, bagian-bagian mesin ini dapat mengalami pergeseran, termasuk switch rem dan pedal rem. Dalam komponen sistem pengereman, ada kemungkinan terjadi peningkatan jarak antara pedal rem dan switch rem.

Apabila transmisi sulit untuk berpindah, Anda dapat menyesuaikan posisi kedua komponen tersebut sekitar satu sentimeter antara satu dengan yang lainnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber