4 Alasan Umum Transmisi Mobil Otomatis Enggan Berpindah Gigi

4 Alasan Umum Transmisi Mobil Otomatis Enggan Berpindah Gigi

4 Alasan Umum Transmisi Mobil Otomatis Enggan Berpindah Gigi--Foto: mitsubishi-motors.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pilihan yang nyaman bagi pengendara mobil saat ini adalah menggunakan mobil dengan sistem transmisi yang otomatis atau matik.

Alasan di balik preferensi penggunaan ini adalah karena kepraktisannya saat harus melewati jalan yang padat dan macet.

Walaupun mobil ini memiliki sistem transmisi otomatis, bukan berarti transmisi mobil matik tidak mungkin mengalami kesulitan saat mengganti gigi.

Ada beberapa alasan mengapa transmisi mobil otomatis tidak berpindah. Dikutip dari situs daihatsu.co.id, berikut adalah empat alasan mengapa transmisi otomatis enggan berpindah gigi saat di jalankan.

1. Switch Rem memiliki beberapa masalah.

Ada beberapa alasan mengapa transmisi enggan mengganti gigi, dan satu di antaranya adalah adanya gangguan pada switch rem.

Ketika pengemudi mengayunkan pedal rem dan tidak ada respons, transmisi otomatis yang seharusnya beralih gigi dengan lancar mengalami kegagalan.

Anda dapat melakukan pemeriksaan pada lampu rem untuk menentukan apakah switch rem menjadi sumber kesulitan dalam transmisi yang tidak mau berganti gigi.

Jika Anda menekan pedal rem tetapi lampu rem tidak menyala, hal tersebut menunjukkan bahwa ada kesalahan pada switch rem.

BACA JUGA:Bad Boys for Life (2020): Kembalinya Aksi dan Kejar-kejaran yang Epik

Tetapi, perlu diingat bahwa menguji kinerja sistem pengereman juga penting karena masalah seperti ini bisa juga timbul ketika switch rem harus disetel ulang atau bahkan diganti yang baru.

2. switch Rem yang Kotor

Alasan lain mengapa transmisi otomatis tidak mau berpindah gigi yaitu dapat disebabkan oleh kotoran pada switch rem. Umumnya, jika ada sisa oli yang mengental, dapat berubah menjadi lapisan keras yang mengakibatkan terganggunya sistem kinerja switch rem.

Apabila situasi ini terus berlangsung, akibatnya pergantian transmisi akan mengalami kesulitan. Kendala ini kerap timbul ketika mobil dibiarkan menganggur dalam waktu yang sangat lama dan tidak dijalankan secara rutin atau di panaskan setiap harinya. sehingga bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran pada switch rem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber