Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

Tidur malam dengan kipas angin menyala dapat mengganggu kesehatan.-RaniRamli-pixabay.com/RaniRamli

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Di negara tropis seperti Indonesia membuat suhu udara yang ada cenderung panas. Tidak jarang masyarakat akan menggunakan kipas angin untuk menyegarkan tubuhnya. Bahkan penggunaan kipas angin juga tetap digunakan ketika ingin tidur malam. Tujuannya adalah agar tidak kepanasan dan tidur lebih nyenyak.

Namun demikian, penggunaan kipas angin tidak melulu berdampak positif untuk sebagian orang. Sebab, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tidur dengan kipas angin menyala dapat menyebabkan beberapa masalah. Nah, berikut lima bahaya yang terjadi apabila menghidupkan kipas angin ketika tidur malam.

1. Kesulitan bernapas

Nah, salah satu bahaya dari menghidupkan kipas angin ketika tidur di malam hari adalah kesulitan dalam bernapas. Hal ini disebabkan udara dingin dari angin yang dikeluarkan kipas tersebut dapat menyebabkan hidung tersumbat sehingga kesulitan dalam bernapas. Terlebih apabila kamu tidur di ruangan yang tidak ada ventilasi udara, sehingga sirkulasi udara dalam ruangan pun tidak berjalan dengan baik.

BACA JUGA:Legenda Masumai Penunggu Gunung Dempo

BACA JUGA:Sinopsis Film Chalk Zone! Nostalgia Masa Kecil Anak Tahun 2000-an

2. Dehidrasi atau kekurangan cairan

Nah, untuk bahaya yang kedua adalah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Hal ini karena penggunaan kipas angin dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Penyebabnya adalah udara dingin yang dikeluarkan kipas menyerap cairan di dalam tubuh. Sehingga, apabila cairan sudah terserap, maka tubuh akan melemah dan organ tubuh tidak akan bekerja dengan baik.

3. Alergi

Lalu, bahaya lainnya adalah timbulnya alergi dalam tubuh. Bersin-bersin, pilek, mata berair, tenggorokan gatal, dan gangguan pernapasan akan terjadi dalam tubuh kamu apabila tidur dengan kipas menyala. Hal ini disebabkan karena kipas angin yang mengedarkan debu, tungau, serbuk sari tanaman dan alergen lainnya. Terlebih lagi apabila kamu pengidap penyakit asma, maka hal tersebut akan memperburuk kondisi asma kamu.

BACA JUGA:Polisi Tangkap Pelaku Curanmor yang Sembunyi di Lampung

BACA JUGA:3 Prinsip Perawatan Rambut Pria Agar Sehat dan Menarik

4. Kulit kering

Berkurangnya cairan tubuh dan turunnya suhu tubuh yang terjadi akibat kipas angin tadi juga akan berdampak kesehatan kulit. Tidur dengan kipas menyala memaksa tubuh berada dalam keadaan dingin dalam jangka waktu yang lama. Sehingga, hal tersebut akan membuat pori-pori dalam kulit kita mengecil dan menjadi kering. Kulit kering ini akan membuat kamu lebih rantan terinfeksi kuman dan penyakit lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber