Video: Lapas Sekayu Bekali Warga Binaan Skill Kerajinan Tangan

Video: Lapas Sekayu Bekali Warga Binaan Skill Kerajinan Tangan

Kerajinan rotan menjadi satu dari beberapa keterampilan yang diberikan kepada Warga Binaan Lapas Kelas IIB Sekayu. Jum'at, 3 Maret 2023.-Ruzi Iskandar-PALTV

MUSI BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Puluhan Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sekayu mendapatkan pelatihan berbagai macam  kerajinan dan keterampilan, seperti pembuatan kursi mebel, rotan dan pengelasan di ruang Bimbingan Kerja Lapas Kelas IIB Sekayu.

Kepala Lapas Kelas IIB Sekayu Ronald Heru Praptama mengatakan, pelatihan ini bekerja sama dengan pihak Balai Latihan Kerja (BLK) Sekayu. Pelatihan diselenggarakan sebagai upaya peningkatan kualitas dan produktivitas Warga Binaan di Lapas Kelas IIB Sekayu, agar bisa menjadi sumber daya manusia yang unggul dan terampil.

“Sesuai dengan tempat kita ada tiga pelatihan dalam tahun ini. Dari pelatihan ini kita saring-saring dan kita lihat untuk kearifan lokal di Musi Banyuasin.Yang pertama untuk pemenuhan warga binaan di sini. Banyak di dalam itu mungkin belum ada lemari pakaian segala macam. Jadi kita adakan pelatihan reguler. Yang mana nanti hasilnya bisa dimanfaatkan oleh Warga Binaan di kamar-kamar,” ungkap Ronald.

Sementara itu Erik warga binaan Lapas Kelas IIB Sekayu mengungkapkan, ia dan rekan-rekan sesama warga binaan merasa bersyukur mendapat bekal ilmu keterampilan membuat barang-barang kerajinan. ilmu yang mereka pelajari tersebut menurut Erik dapat menjadi modal ketika kembali ke masyarakat.

BACA JUGA:Video: Nanas Termanis Ada di Agrowisata Prabumulih

BACA JUGA:Urutan Skin Zodiac Mobile Legends Bang Bang yang Akan Rilis 2023

“Jadi kalau pulang nanti diharapkan kita-kita yang narapidana yang ada di Sekayu ini bisa ada ilmu tambahan, oleh-oleh. Karena di sini banyak sekali ilmu-ilmu yang bisa kita dapatkan. Ada kerajinan rotan, kursi, motor, dan lain sebagainya. Juga ada mebel, ada las di sini dan juga ada pembinaan-pembinaan yang lainnya. Alhamdulillah kami diarahkan oleh pegawai-pegawai di sini untuk mendapatkan ilmu untuk bekal kami kalau sudah di luar nanti,” jelas Erik sambil merakit kerajinan rotan.

Ke depan diharapkan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti pelatihan dapat memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya, untuk menambah pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan. Selain mendapat pelatihan, Warga Binaan juga akan diberikan sertifikat sebagai tanda bukti telah mengikuti pelatihan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv