Pos Penjagaan di Pemkab Muara Enim Kosong, 300 lebih Satpol PP Unjuk Rasa Tuntut Kejelasan Nasib

Pos Penjagaan di Pemkab Muara Enim Kosong, 300 lebih Satpol PP Unjuk Rasa Tuntut Kejelasan Nasib

Ratusan anggota Satpol PP Muara Enim melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor BPKSDM Kabupaten Muara Enim untuk memperjuangkan pengangkatan ASN atau PPPK, Senin (11/9/2023).-Yansyah-PALTV

"Wajar saja kalau mereka mempertahankan nasib mereka, karena selama puluhan tahun mereka hanya menjadi tenaga kerja honor," ucap Asisten III Pemkab Muara Enim Rinaldo.

BACA JUGA:Intip Ruang Ganti Penggawa Timnas u-23 Indonesia Jelang Laga Kontra Turkmenistan

Pemerintah Kabupaten Muara Enim akan mengusahakan tuntutan anggota Satpol PP dengan mengajukan usulan ke Menpan RB.

"Kita tahu selama ini memang tidak adanya formasi PPPK untuk Satpol PP, yang ada hanya CPNS atau ASN, namun ini kita usahakan dahulu," jelas Rinaldo.

Kesulitan untuk pengajuan PPPK karena tidak adanya formasi untuk Satpol PP. Sedangkan untuk pengajuan ASN pun cukup sulit, karena di tahun sebelumnya cuma ada satu orang Satpol PP yang tembus menjadi ASN. Hal tersebut dikarenakan aturan dan Undang-Undang yang mengatur tentang formasi untuk OPD Satpol PP.

"Dan tadi sudah disepakati bersama kalau pihak BPKSDM akan mengajukan usulan ke Menpan RB dan ini dibuat perjanjian yang ditandatangani oleh Asisten III, Kasatpol PP dan Sekretaris Dinas BPKSDM untuk pengajuan ASN atau PPPK bagi Satpol PP Muara Enim," terang Asisten III Pemkab Muara Enim Rinaldo.

BACA JUGA:Puluhan Warga Sumsel Laporkan Kronologi Tertipu Investasi FEC ke Polda Sumsel


Pihak kepolisian dari Polres Muara Enim berjaga di depan Kantor BPKSDM Muara Enim mengawal aksi unjuk rasa Satpol PP Muara Enim, Senin (11/9/2023).-Yansyah-PALTV

Sementara itu seorang anggota Satpol PP Muara Enim Andre, mengaku sudah 13 tahun mengabdikan diri sebagai anggota Satpol PP di Muara Enim dan hingga sekarang masih menjadi tenaga kerja honor.

Ande juga pernah ikut mempertanyakan nasibnya bersama rekan lain beberapa bulan kemarin, namun pihak terkait cuma memberikan janji saja.

"Hari ini seluruh anggota Satpol PP harus mendapatkan kejelasan dari janji pemerintah, kalau mereka akan diangkat menjadi ASN atau PPPK," kata Andre.

Seluruh anggota Satpol PP rata-rata sudah mengabdi puluhan tahun, seharusnya Pemerintah Kabupaten Muara Enim bisa memperjuangkan mereka. Sedangkan guru honor yang hanya mengabdi beberapa waktu bisa mengikuti tes CPNS atau PPPK.

BACA JUGA:Perjuangan Timnas U-23 Indonesia menuju Piala Asia U-23 akan ditentukan malam ini, Tuntaskan Garuda !

Selama ini banyak sekali tugas yang diemban oleh Satpol PP, mulai dari penjagaan Kantor Dinas sampai pengamanan aksi demo.

Setidaknya, Pemkab Muara Enim bisa memberikan formasi ASN atau PPPK dengan secara berkala, jadi ada harapan bagi anggota Satpol PP untuk dijamin kesejahteraannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv