Air Tak Mengalir, Begini Jawaban Direktur Teknik PDAM Lematang Enim

Air Tak Mengalir, Begini Jawaban Direktur Teknik PDAM Lematang Enim

Warga gunakann air sungai dan sumur karena Air PDAM Lematang Enim tak mengalir-Mardiyansyah-PALTV.CO.ID

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Terkait keluhan warga Muara Gula Baru Kabupaten Muara Enim yang tak mendapatkan air bersih dari PDAM Lematang Enim selama tiga bulan, Direktur Teknik PDAM Lematang Ilir Broto menjelaskan bahwa hal itu disebabkan kurangnya pasokan energi listrik dari PLN di kawasan Muara Enim. 

PDAM harus mendapatkan energi listrik atau tegangan aliran listrik dari PLN tidak stabil yang disebelabkan seringnya padam aliran listrik. Kondisi inilah yang menyebabkan pendistribusian air bersih ke pelanggan kecil atau bahkan tak mengalir sedikit pun ditambah lagi jarak antar booster terlalu jauh membuat tekanan air ke pelanggan sangat rendah.

"Setiap harinya PDAM Lematang Enim mengalirkan air bersih ke setiap pelanggan, kalau keluhan pelanggan di Muara Gula Baru memang ada permasalahan yang disebabkan kurangnya energi listrik untuk mendorong aliran air ke pipa pelanggan," kata Broto, Senin 12 Desember 2022.

Ia menambahkan listrik dari PLN sering padam dan tegangan listrik yang tak stabil sehingga air yang sampai ke pelanggan tak cukup. Ini permaslaahan yang sering dihadapi oleh PDAM sedangkan kebutuhan air bersih untuk pelanggan harus dipenuhi setiap harinya.

BACA JUGA:Harga Telur Lebih Mahal dari Harga Ayam

BACA JUGA:Basarnas Siagakan Aduan Bencana Banjir 24 Jam Bagi Masyarakat

Menurut Broto timnya akan melakukan langkah-langkah untuk mengatasi keluhan pelanggan di Muara Gula Baru untuk mendistribusikan air bersih dengan mobil tengki untuk jangka pendek. 

Untuk jangka menengah PDAM akan memeriksa dan melakukan proyeksi jaringan pipa khusus masyarakat Muara Gula karena pipa tersebut sudah tak layak hanya berukuran 2 inchi agar bisa diganti dengan pipa yang lebih besar sedangkan untuk jangka panjang akan dilakukan up rating imtek di booster Talang Jawa dan Pelita Sari untuk meningkatkan produksi air bersih.

Untuk pergantian jalur pipa baru sudah dalam anggaran dan akan dikerjakan bulan Januari 2023 mendatang. 

Jika rencana ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, PDAM akan terus memberikan usaha terbaik untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi pelanggan di Kabupaten Muara Enim. 

BACA JUGA:Banjir Rendam Jalan dan Rumah Warga

BACA JUGA:Jurnalis Palembang Tolak Pasal Bermasalah RKUHP

Untuk sekarang PDAM tetap melakukan upaya mengatasi permasalahan tersebut agar pelanggan tak merasa dirugikan. Sampai PDAM berbenah diharapkan pelanggan di Bumi Serasan Sekundang harap bersabar dan memaklumi permasalahan yang dihadapi PDAM.

Sebelumnya warga Muara Gula Baru mengeluh air bersih dari PDAM sudah tak mengalir berjalan tiga bulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: