Cerita Mistis di Indonesia: Misteri 4 Gunung Arjuno yang Terkenal Angker

Cerita Mistis di Indonesia: Misteri 4 Gunung Arjuno yang Terkenal Angker

Misteri 4 Gunung Arjuno yang Terkenal Angker.--Foto: instagram/@Lingkarmalang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Gunung Arjuno adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, dan dikenal dengan banyak kisah angker dan mistis di kalangan pendaki serta warga sekitarnya.

Berikut ini kami sajikan ulang cerita-cerita mistis yang terkenal dari Gunung Arjuno, yang telah kami rangkum dari kanal YouTube Luqman Channel:

1. Pasar Dieng

Kisah mistis pertama berasal dari wilayah Gunung Arjuno yang disebut Pasar Dieng. Saat pendaki mendaki gunung menuju puncak melewati Pos Watu Gede.

BACA JUGA:Yngwie Malmsteen Salah Satu Dewa Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Mereka akan menemui wilayah yang dikenal sebagai Puncak Ogal Agil, yang memiliki ketinggian hampir setara dengan puncak Gunung Arjuno. Di Puncak Ogal Agil ini, terdapat sebuah tempat yang disebut Pasar Dieng atau pasar setan.

Pasar ini diberi nama berdasarkan cerita pendaki yang mendirikan tenda di wilayah ini. Pada malam hari, mereka mendengar suara gaduh di luar tenda.

Ketika mereka keluar untuk memeriksanya, mereka melihat sebuah keramaian yang mirip dengan pasar di kejauhan. Sejak saat itu, Puncak Ogal Agil dikenal sebagai tempat di mana terjadi fenomena gaib, yaitu pasar setan.

2. Petilasan

BACA JUGA:Danau Toba, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia: Memahami Keajaiban Geologi dan Warisan Budaya Indonesia

Ternyata, Gunung Arjuno memiliki banyak peninggalan dari kerajaan Majapahit dan Singasari, seperti petilasan Eyang Antaboga, Eyang Sakri, Eyang Semar, dan lainnya.

Menurut mitos yang beredar, peninggalan sejarah ini dijaga oleh Bambang Wisanggeni, yang merupakan anak dari Arjuna dan Batari Dresanala.

Petilasan ini sering digunakan oleh orang zaman dahulu untuk pertapaan, dan banyak yang percaya bahwa orang yang melakukan pertapaan di sini akan moksa atau menghilang dengan jasadnya, meskipun tidak terlihat. Konon, para pertapa yang moksa ini masih menjaga tempat tersebut hingga waktu yang tidak diketahui.

3. Alas Lali Jiwo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber