Gawat! Lahan Terbakar di Ogan Ilir Terus Meluas, Waspadai Bencana Asap

Gawat! Lahan Terbakar di Ogan Ilir Terus Meluas, Waspadai Bencana Asap

Lahan Terbakar di Ogan Ilir Terus Meluas, Waspadai Bencana Asap.-Foto/Ahmad Romawi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pada minggu lalu sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Ogan Ilir menyatakan bahwa total luas lahan yang terbakar adalah sebanyak 1332 hektar.

Saat ini, jumlah tersebut terus bertambah di beberapa titik di beberapa kecamatan Ogan Ilir. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Kepala BPBD Ogan Ilir, Edy Rahmat, pada tanggal 5 September 2023.

Menurutnya, saat ini sudah memasuki bulan September, dan titik api masih terus muncul di beberapa lokasi di Kabupaten Ogan Ilir.

Hari ini, hingga pukul 15:00 WIB, BPBD Ogan Ilir mencatat bahwa telah terjadi empat titik kebakaran di kebun/hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

BACA JUGA:Camat Gandus Keluarkan Himbaun Warga Saat Kualitas Udara Tidak Sehat

BACA JUGA:Makam Sultan Mahmud Badarudin II di Ternate Maluku, Resmi Jadi Cagar Budaya Nasional

Titik-titik ini terletak di Desa Tebing Grinting, Jalan Pasca Sarjana/Asik di wilayah Indralaya, lahan PT Gembala Indralaya Utara, dan Desa Payaraman Kecamatan Payaraman.

Keempat titik api ini telah berhasil diatasi dan dipadamkan oleh tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, dan masyarakat setempat. Akibatnya, luas lahan yang terbakar telah bertambah menjadi 265 hektar.


Kepala BPBD Ogan Ilir, Edy Rahmat.-Foto/Ahmad Romawi-PALTV

Dengan luas lahan terbakar sebesar 265,35 hektar, wilayah kecamatan seperti Pemulutan, Pemulutan Barat, dan Indralaya Utara merupakan yang paling terdampak.

Meskipun semua titik api berhasil dipadamkan oleh tim gabungan BPBD, TNI, dan Polri, penyebab pasti kebakaran di beberapa titik tersebut masih belum diketahui hingga saat ini.

BACA JUGA:Menteri Keuangan Menetapkan Subsidi Bunga KUR Super Mikro Sebesar 15%, Per 1 September 2023

Namun, menurut AKBP Andi Baso, dugaan sementara adalah bahwa kebakaran ini disebabkan oleh puntung rokok yang dibuang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id