Tempe, Murah Namun Kaya Manfaat

Tempe, Murah Namun Kaya Manfaat

Tempe, Murah Namun Kaya Manfaat--wikipedia.org

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Siapa dari kalian yang tidak tahu tempe? tempe adalah makanan khas dari Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Untuk membuatnya cukup mudah, kalian hanya membutuhkan kacang kedelai dan juga ragi atau jamur khusus pembuatan tempe. Biasanya, untuk satu kilogram kacang kedelai, hanya dibutuhkan setengah sendok teh ragi tempe.

Tempe dapat diolah menjadi berbagai macam masakan seperti tempe goreng, tempe geprek balado, oseng-oseng tempe, tempe bacem, dan masih banyak lagi makanan yang dapat kita buat hanya dengan menggunakan tempe.

Tempe pun banyak digemari masyarakat karena harganya yang murah dan sangat mudah ditemui di pasar-pasar tradisional bahkan warung-warung yang menjual sayur.

Walaupun tempe ini harganya murah, namun kandungan yang ada didalam tempe ini sangat banyak sekali seperti serat pangan, kalsium, vitamin b, keratin, fosfor, karbohidrat, zat besi, dan juga mengandung protein nabati dan dianggap sebagai sumber dari protein nabati. Kandungan protein dari tempe ini lebih banyak dibandingkan protein-protein yang ebrasal dari hewan.

BACA JUGA:Sejarah Songket, Kain Khas Palembang

BACA JUGA:Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera

Berikut manfaat konsumsi tempe yang dilansir dari Manfaat.co.id:

1. Cocok untuk program diet karena tempe merupakan sumber protein yang bebas dari lemak serta memiliki 18 jenis protein dan juga asam amino didalam tempe.

2. Menjaga kesehatan jantung karena dapat meningkatkan kadar kolestrol baik di dalam tubuh.

3. Memperbaiki pencernaan karena kandungan serat di dalam tempe, dapat mencegah naiknya kadar gula darah dan dianggap baik untuk kalian yang menderita diabetes serta mampu mengikat racun dan juga kolestrol penyebab kanker

4. Dapat meningkatkan kekebalan dan juga fungsi sistem syaraf karena mengandung vitamin terutama tempe merupakan sumber vitamin B yang bermanfaat untuk metabolisme sel darah merah dalam tubuh kita.

5. Baik untuk kesehatan anak karena kandungan antioksidan dan juga antibiotika didalamnya yang dianggap mampu menyembuhkan infeksi dan juga penyakit-penyakit lainnya.

6. Tingginya kandungan mineral dalam tempe yang mudah diserap oleh darah dianggap mampu mencegah penyakit kekurangan darah atau anemia.

7. Mengandung ion positif yang baik layaknya pada telur dan kandungan gizi hewani-hewani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber