Melihat Adat Ngumpul Adik-Beradik di Desa Sungai Pinang Musi Rawas

Melihat Adat Ngumpul Adik-Beradik di Desa Sungai Pinang Musi Rawas

Adat Ngumpul Adik-Beradik di Desa Sungai Pinang Musi Rawas --pixabay.com

3. Menyiapkan hidangan masakan untuk penduduk

Setelah seluruh masyarakat terkumpul, maka satu persatu disuruh untuk memasuki rumah calon pengantin. Karena sudah disiapkan hidangan berupa makanan ringan untuk para penyumbang. Masyarakat wajib masuk kerumah dan makan, karena dinilai hal tersebut merupakan etika dalam menghargai jeripayah tuan rumah. 

4. Memamerkan Calon Pengantin 

Calon pengantin biasanya akan disuruh duduk disamping panitia yang bertrugas mencatat nominal sumbangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan, dalam artian orang tidak akan percaya bahwa kita akan melakukan akad, pabila tidak melihat secara langsung calon mempelai wanitanya. Nah, tak heran jika wanita yang ingin menikah dengan pria yang ada di desa Sungai Pinang ini, anak perempuan (calon mempelai) pihak besan akan dipinjam selama satu hari untuk menjalankan adat tersebut. 

5. Bersalaman dengan calon pengantin

Setelahy kita menyumbangkan uang dan dicatat oleh panitia Ngumpul adik beraduik, hendaklah kita melakukan etika bersalaman dan memberikan ucapan selamat kepada calon pengantin. Karena hal ini dinilai sebuah etika dalam adat tersebut. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: