Sebelum Bencana Datang Menewaskan Banyak Nyawa : Hewan-Hewan Ini Duluan Memberikan Sinyal

Sebelum Bencana Datang Menewaskan Banyak Nyawa : Hewan-Hewan Ini Duluan Memberikan Sinyal

Sebelum bencana datang menewaskan banyak nyawa, beberapa hewan memberikan sinyal atau deteksi duluan--instagram.com/@96elephants

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Bencana demi Bencana datang secara tiba-tiba. Manusia tidak pernah tahu kapan Bencana akan datang. Tanpa persiapan dan antisipasi, tak jarang Bencana yang datang akhirnya menewaskan banyak nyawa.

Info peringatan bencanapun kadang jadi hal yang diributkan, karena biasanya setelah kejadian barulah muncul alasan kenapa tidak ada pemberitahuan. Kejadian tiba-tiba membuat orang panik dan tidak bisa menyelamatkan diri.

Peringatan bencana, seperti gempa bumi diukur dengan seismograf, alat pendeteksi Tsunami alat pengukur, gelombang laut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Dengan semua peralatan canggih dapat memberikan peringatan dini bagi masyarakat.

Sayangnya, kadang komunikasi kepada masyarakat tidak berjalan baik. Alat peringatan dini bencana sering rusak atau tidak terpakai atau banyak lagi alasan sehingga bahaya yang datang memang tidak bisa diantisipasi.

BACA JUGA:Baru Keluar Penjara, Pria di Palembang Ditinggal Istri dan Anak Kabur

Percaya atau tidak, di dunia ini beberapa jenis hewan memiliki insting atau peka terhadap bakal datang sebuah bencana. Orang zaman dulu, sangat percaya dengan insting hewan ini. Misalnya ketika akan terjadi gempa, hewan-hewan yang bersarang di dalam tanah ular, tikus tanah dan lainnya,akan keluar dari sarang.

Ketika, sekelompok burung terbang ramai-ramai menjauh atau terbang dari hutan ke langit yang tinggi, menandakan akan ada gunung meletus. Banyak lagi, deteksi bencana dari hewan yang tidak disadari oleh manusia.

Beberapa hewan memiliki kemampuan alami untuk mendeteksi perubahan lingkungan atau bencana yang akan datang.

Meskipun kemampuan ini belum sepenuhnya dipahami dan terbukti secara ilmiah, beberapa contoh hewan yang diketahui memiliki kemampuan mendeteksi bencana diantaranya.

BACA JUGA:Update Shio Hari Ini Jumat 25 Agustus 2023: Kelinci dan Kerbau Bakal Sangat Beruntung dalam Hal Karir

Gajah: Gajah memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Mereka diketahui dapat merasakan getaran bumi yang dihasilkan oleh gempa bumi yang akan datang.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa gajah-gajah pernah menunjukkan perilaku cemas dan gelisah sebelum terjadi gempa bumi.

Anjing: Anjing memiliki indra penciuman yang sangat sensitif. Mereka dapat mendeteksi perubahan bau kimia yang terjadi saat ada perubahan lingkungan, termasuk bencana seperti gempa bumi, banjir, atau bahkan penyakit seperti kanker.

Beberapa pelatih anjing telah berhasil melatih anjing untuk mendeteksi bau-bau tertentu yang terkait dengan bencana atau penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber