Inilah Hal Unik Patung Liberty yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Inilah Hal Unik Patung Liberty yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Patung Liberty di New York, Amerika Serikat.-tomkranz-pixabay.com/tomkranz

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tahukah kamu kalau Patung Liberty mempunyai nama lain yang disebut dengan The Liberty and Lighting The World atau istilah untuk kemerdekaan yang menerangi dunia.

Struktur masif itu menjadi ikon patung terbesar di New York, Amerika. Patung Liberty ini dirancang oleh Frederick Auguste Bartholdi, seorang perancang ternama pada masanya. 

Patung Liberty ini diberikan oleh Prancis kepada Amerika Serikat sebagai hadiah persahabatan pada tahun 1884. hadiah ini mulanya dibuat dengan harapan bisa secara utuh dimasukkan ke peti yang besar dan dikirimkan melalui jalur laut ke Amerika. Namun, setelah patung selesai dipahat ternyata ukuran patung melebihi kapasitas target muatan.

Sehingga, akhirnya Prancis memutuskan untuk membongkar ulang Patung Liberty, dan dimuat satu persatu secara terpisah di dalam peti. Kemudian dipasang ulang seperti puzzle 3D raksasa di negara Amerika Serikat.

BACA JUGA:Air Terjun Lematang Indah, Wisata Alam yang Masih Terjaga Keasriannya

BACA JUGA:Ini Keunikan Suku Anak Dalam yang Harus Kamu Tahu

Patung Liberty ini berfungsi menjadi ikon penyambut wisatawan, karena lokasinya yang berada di pinggir tebing Pelabuhan Kota New York. Hingga saat ini, patung tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Mengutip dari kanal YouTube Sisi Terang, penjelasan keunikan patung liberty bisa kita lihat pada poin-poin ulasan dibawah ini.

1. Patung Liberty terbuat dari tembaga

Awalnya perancang Patung Liberty ini menginginkan bahan konstruksi patung berasal dari emas murni. Namun dengan ketinggian patung yang mencapai 93 meter, hal ini dinilai sangat mahal dan biaya pun menjadi kurang. Perancang memutuskan untuk memilih logam tembaga sebagai bahan pokok dari patung tersebut. Namun kelemahan dari logam tembaga adalah warnanya tidak bisa bertahan jika dimakan usia terus menerus.

BACA JUGA:Dirut PALTV dan Sumeks Group Wisuda Doktor Hukum, Pesan Bang Min Teruslah Belajar dan Belajar

BACA JUGA:Kompe alias Eceng Gondok Kotori Sungai Musi, BBWSS VIII Masih Menunggu Kapal Pembersih

Dalam istilah kimia, terdapat proses oksidasi yang terjadi pada logam, sehingga membuat logam tembaga berubah warna. Jadi yang mulanya Patung Liberty berwarna emas kemerah-merahan, tergerus usia lama-lama menjadi pudar kecoklatan, hingga akhirnya menjadi warna hijau terang seperti kondisi saat ini.

2. Patung ini memiliki rongga di bagian kepala yang bisa dinaiki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com/sisi terang