HEADLINE: Kebakaran TPA Sukawinatan Tak Kunjung Padam, Dua Heli Water Boombing Dikerahkan

HEADLINE: Kebakaran TPA Sukawinatan Tak Kunjung Padam, Dua Heli Water Boombing Dikerahkan

Kebakaran TPA Sukawinatan Tak Kunjung Padam, Dua Heli Water Boombing Dikerahkan.-Foto/Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Terkait peristiwa kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan Palembang. hingga Selasa pagi, tim satgas penanganan yang terdiri dari petugas DLHK, dan Dinas PBK Kota Palembang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, serta TNI Polri, masih berjibaku dalam upaya pemadaman, dengan bantuan heli water boombing.

Dari Pantauan di lapangan, asap yang membumbung dari tumpukan sampah yang menggunung terlihat menyulitkan proses pemadaman, terutama saat arah angin mengarah ke pemukiman penduduk.

Kepala DLHK Kota Palembang, Akhmad Mustain mengatakan dari koordinasi yang diberikan Gubernur Sumsel kepada BNPB, dalam proses pemadaman ini diturunkan Helikopter Water boombing.

Kebakaran sendiri sudah terjadi sejak hari minggu 13 Agustus dan sudah padam, akan tetapi api kembali muncul pada senin malam, dan membakar sekitar 15 persen atau tiga herktar dari luasan TPA Sukawinatan.

Kebakaran terjadi disinyalir karena sampah yang mengandung gas metan, terbakar karena suhu panas musim kemarau, terlebih lagi Palembang sudah satu pekan in tidak diguyur hujan.

BACA JUGA:Ternyata Daun Ini Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan. Wah, Kamu Harus Tau Nih!

BACA JUGA:Update Zodiak Hari Ini Selasa 15 Agustus 2023: Virgo Ada Jarak, Cancer Bingung Memilih

Proses pemadaman sejauh ini sudah berjalan 50 persen. Akibat peristiwa ini, satu orang warga sekitar yang mengidap penyakit pernafasan harus diungsikan, lantaran asap dari kebakaran yang sangat pekat.

“di hari minggu tu sudah sempat beres, muncul lagi. Jadi ini sudah 50 persen pemadaman, karena dari api yang semalam sudah tinggal penanganan asapnya kan.

Kalu kita prediksi luasan yang terbakar anatara 10 sampai 15 persen dari luasan TPA, ya sekitar tiga hektar.pemadaman sendiri sulit dilakukan karena sampah mengandung gas metan, dan terkena suhu panas musim kemarau karena Palembang sudah tujuh hari ini tidak hujan, dan kebakaran terjadi di hari ke lima.” Terang Kepala DLHK Kota Palembang, Akhmad Mustain

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumsel Iriansyah menyampaikan jika dalam proses pemadaman ini diterjunkan dua unit heli water boombing serta petugas pemadaman darat.

Diharapkan dengan upaya yang dilakukan ini asap dari kebakaran di TPA dapat terkendali, lantaran akan berdampak langsung pada kesehatan warga sekitar.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Pastikan 3 Nama Yang Diajukan Sebagai Pj Walikota Palembang

“terkait peristiwa kebakaran yang terjadi di TPA Sukawinatan ini, kami langsung berkoordinasi bersama DLHK, dan Dinas PBK Kota Palembang, serta TNI Polri, untuk melakukan pemadaman bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id