Belum Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Bahan untuk Membuat Koteka Orang Papua

Belum Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Bahan untuk Membuat Koteka Orang Papua

Ternyata Ini Bahan Untuk. Membuat Koteka Orang Papua--instagram/louisyane

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Koteka atau penutup alat vital laki-laki tradisional di Papua memiliki bentuk yang panjang dan tengahnya berlubang, digunakan untuk menutup alat kelamin laki-laki secara tradisional.

Ternyata, koteka dibuat dari buah labu. Di wilayah Wamena, masih banyak pria yang mengenakannya, dan koteka juga merupakan suvenir khas Papua.

Suku yang masih menggunakan koteka, terutama Suku Dani yang merupakan suku terbesar di wilayah pegunungan Papua, menyebut koteka sebagai Holim.

Proses pembuatan koteka dimulai dengan memotong salah satu ujung buah labu dan mengeluarkan seluruh isi dagingnya hingga tersisa lubang. Lubang ini dirancang untuk memudahkan penggunaan alat kelamin pria.

BACA JUGA:Gerak Cepat, Jatanras Polda Sumsel Tangkap Jukir yang Peras & Ancam IRT di Bawah Jembatan Ampera

BACA JUGA:Agar Hidup Semakin Bahagia, Bangun Kedamaian Diri dengan Langkah seperti ini

Ternyata Ini Bahan Untuk. Membuat Koteka Orang Papua--instagram/louisyane

Kemudian, koteka dikeruk hingga bersih dan ditempatkan di atas bara api untuk dipanaskan hingga berubah menjadi warna kecokelatan. Setelah itu, koteka dijemur hingga kering selama sehari.

Tahap terakhir adalah pemasangan tali pada koteka sehingga siap dipakai. Proses pembuatan koteka dari labu ini memiliki kesederhanaan yang menarik, mungkin Anda tertarik untuk mencobanya?(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber