Satres Narkoba Polres Muara Enim Antisipasi Penyebaran Narkoba Melalui Liquid Vape

Satres Narkoba Polres Muara Enim Antisipasi Penyebaran Narkoba Melalui Liquid Vape

ISU NARKOBA DI LIQUID VAPE - Marak isu peredaran narkoba dengan liquid vape yang menjadi tren pengganti rokok.-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Penyebaran narkoba kini mulai bervariasi, salah satunya menggunakan liquid vape sebagai media Penyebaran. Namun, untuk wilayah Muara Enim sendiri belum ditemukan kasus serupa yang menjadi isu hangat nasional. Isu peredaran narkoba melalui liquid vape yang sering digunakan anak muda sebagai pengganti rokok, dianggap lebih mudah untuk mengelabuhi petugas kepolisian.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi melalui Kasat Res Narkoba AKP Burnani mengatakan bahwa penyebaran narkoba melalui liquid vape itu terjadi di luar negeri, dan belum ditemukan kasusnya di Kabupaten Muara Enim. Sejak maraknya isu tersebut, Satres Narkoba Polres Muara Enim segera menyebar informan untuk mencari informasi di lapangan. Langkah tersebut guna mengantisipasi peredaran narkoba melalui liquid vape di Muara Enim.

"Tapi itu perlu diantisipasi mengingat di Indonesia ini termasuk di Muara Enim, sudah banyak masyarakat yang menggunakan vape," ujar Burnani.

Penyebaran narkoba melalui vape terbilang modus yang modern mengingat vape baru populer beberapa tahun belakang. Kepopuleran vape menjadi metode jaringan narkoba untuk memasarkan produk haram mereka melalui liquid vape.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Dukung Piala Bergilir Wali Kota Palembang 3x3 Basket Ball PALTV Championship 2023

BACA JUGA:Sikapi Isu Penculikan Anak, SD Negeri 3 Muara Enim Pasang 16 CCTV untuk Antisipasi

Dari observasi di lapangan, jika memang modus melalui liquid dilakukan akan membuat harga liquid itu lebih mahal di pasaran. Pasalnya, untuk produksi saja akan membutuhkan biaya yang besar hingga menjadi produk narkotika sejenis liquid vape.

Oleh karena itu, saat ini Satres Narkoba Polres Muara Enim terus mengupayakan langkah preventif melalui penyuluhan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah mengenai bahaya dan modus pemasaran yang dilakukan jaringan narkoba. "Sasarannya (penyuluhan, ed.) tentu generasi muda agar tidak mencoba ataupun terlibat narkoba apalagi sampai menjualnya," terang Burnani.


AKP Burnani, Kasat Res Narkoba Polres Muara Enim.-Yansyah-PALTV

Selain upaya preventif melalui penyuluhan dan sosialisasi, Satres Narkoba Polres Muara Enim juga melakukan patroli di tempat-tempat yang dicurigai terjadi peredaran dan transaksi narkoba. Selanjutnya, akan dilakukan dengan cara represif yakni penindakan dengan melakukan penangkapan terhadap para pelaku pengguna dan pengedar narkoba," Kasar Res Narkoba Polres Muara Enim.

Selama Januari 2023 ini, Satres Narkoba Polres Muara Enim berhasil mengungkap sebelas perkara dengan total barang bukti 35 gram sabu. Untuk Tersangkanya sendiri ada lima belas orang dengan modus masih menggunakan cara konvenisonal karena masih berupa transaksi paket-paket kecil.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv