Penemuan Arkeologi Jejak Pertama Gandum di Dunia

Penemuan Arkeologi Jejak Pertama Gandum di Dunia

Tanaman gandum.--pexels.com/@pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Gandum, tanaman sereal yang menjadi dasar bagi roti dan berbagai produk olahan Gandum lainnya, telah menjadi salah satu sumber makanan penting bagi manusia selama ribuan tahun.

Baru-baru ini, para arkeolog telah menemukan jejak pertama kali gandum di dunia, yang memberikan wawasan mendalam tentang sejarah pertanian dan evolusi manusia.

Penemuan ini merupakan hasil dari penelitian yang berlangsung selama bertahun-tahun di situs purbakala di wilayah tengah Lembah Sungai Tigris dan Efrat.

Tim peneliti dari Institut Arkeologi Dunia kembali dari ekspedisi panjang ke wilayah yang diyakini merupakan salah satu pusat peradaban awal manusia.

BACA JUGA:Panduan Lengkap: 15 Cara Sukses Hadapi Tes CPNS untuk Pemula

BACA JUGA:Viral, Rombongan Moge Melanggar Lampu Merah Bersama, Ancaman Denda Rp 500 Ribu

Dibantu oleh para arkeobotanis, ahli geologi, dan antropolog sosial, tim ini telah menggali reruntuhan situs purbakala yang tersembunyi dan terkubur selama ribuan tahun.

Dr. Emily Collins, pemimpin tim peneliti, mengatakan, "Penemuan gandum pertama kali di dunia ini merupakan pencapaian luar biasa bagi penelitian kita tentang peradaban manusia awal. Gandum telah menjadi tanaman pangan yang sangat penting dan mempengaruhi evolusi manusia dalam banyak aspek kehidupan."

Jejak gandum yang ditemukan berasal dari sekitar 10.000 tahun yang lalu, mengisyaratkan bahwa manusia pada masa itu telah mengembangkan pertanian pertama mereka.

Gandum yang ditemukan di situs ini merupakan varietas primitif yang berbeda dari gandum modern yang kita kenal sekarang.

BACA JUGA:Sepeda Motor Jadi Boros Bensin, Bisa Jadi Karena Hal Ini

BACA JUGA:Kian Meresahkan, Kenali Perbedaan Antara Pinjol Resmi dan Pinjol Ilegal untuk Kesejahteraan Anda


Pertanian gandum.-Nikolett Emmert-pexels.com/@nikiemmert

Namun, penemuan ini memberikan petunjuk awal tentang bagaimana manusia pertama kali belajar bercocok tanam dan mengolah makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber