Optimasi Pemutakhiran Data Keluarga 2023 melalui Kolaborasi Tim Pendataan dan Pemanfaatan Metode Smartphone.

Optimasi Pemutakhiran Data Keluarga 2023 melalui Kolaborasi Tim Pendataan dan Pemanfaatan Metode Smartphone.

Tim Pendataan dan Pemanfaatan Metode Smartphone.--Media Center BKKBN

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Selama 20 hari terakhir, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (disway.id/listtag/454/bkkbn">BKKBN) telah berhasil melakukan pemutakhiran data keluarga sebanyak 11.265.169 keluarga sasaran, mencapai 71,74% dari total data Pemutakhiran Data Keluarga tahun 2023 di seluruh Indonesia.

Kesuksesan ini dicapai melalui kolaborasi antara pengelola data dan tim pendukung pusat, serta penggunaan metode pengumpulan data smartphone.

BKKBN menargetkan untuk memperbarui 15.701.871 data keluarga dalam sebulan, mulai 1 Juli hingga 31 Juli 2023.

Metode pengumpulan data terkait kolaborasi dan penggunaan smartphone menjadi kunci untuk mencapai tujuan tersebut.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai kinerja terbaik dengan pencapaian 91,91% dari target yang ditetapkan.

Sedangkan Provinsi Gorontalo telah mencapai 87,49% dari target. Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pemutakhiran data dilakukan secara sampling di 7 kabupaten/kota yang tersebar di 41 kecamatan, 177 desa/kelurahan.

BACA JUGA:Program Magister KPI Siap Dibuka oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah

BACA JUGA:Dinas PPPA Sumsel Siapkan Psikolog untuk Korban yang Dipaksa Guru Melakukan Hubungan Intim

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah computer aided personal interview (CAPI) melalui aplikasi Android PK Update.

Per tanggal 20 Juli 2023, perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah berhasil melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data sebanyak 148.965 kepala keluarga, jumlah rumah tangga yang terdaftar terus bertambah setiap harinya.

Keberhasilan pemutakhiran PK-23 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak terlepas dari kerja sama tim, strategi pemangku kepentingan, dan kontribusi kelompok pendukung kabupaten/kota yang berperan penting dalam keberhasilan pemutakhiran data.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mhd. Irzal, SE., ME telah menunjukkan bahwa keberhasilan pembaruan PK-23 juga didukung oleh penggunaan smartphone yang memadai (100%), serta pemantauan dan umpan balik yang konsisten dari Satgas Data dan Informasi Provinsi Kepulauan Bangka.

Selain itu, seluruh tim bekerja keras, mulai dari tingkat kabupaten/kota untuk mendata, berpindah dari rumah ke rumah untuk mencapai target 100% rumah tangga terdaftar. 

*Meningkatkan kecepatan update data keluarga di Indonesia dengan smartphone 100%*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber