Makna Hijrah Bagi Umat Islam

Makna Hijrah Bagi Umat Islam

Ilustrasi Hijrah Nabi MUhammad SAW dan Pengikutnya--Gambar : freepik.com/danmir12

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hijrah dalam Islam merujuk pada perpindahan Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke kota Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa Hijrah ini merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam dan menandai awal dari penyebaran agama Islam.

Hijrah berawal dari situasi di Mekah, di mana Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya menghadapi persekusi dan penganiayaan oleh penduduk Mekah yang tidak menerima ajaran Islam.

Pada saat itu, para pengikut Nabi Muhammad SAW mengalami berbagai bentuk penindasan dan mereka menghadapi ancaman nyata terhadap keselamatan mereka.

Menerima undangan dari penduduk Madinah yang tertarik dengan ajaran Islam, Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya memutuskan untuk pindah ke Madinah.

Hijrah menjadi tonggak penting dalam sejarah Islam karena tidak hanya melibatkan perpindahan fisik Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya, tetapi juga menggambarkan pembentukan masyarakat Muslim pertama di Madinah.

BACA JUGA:Perkembangan Musik Gambus di Palembang

BACA JUGA:Musik Gambus, Populer di Kalangan Muslim Arab hingga Indonesia

Hijrah memiliki makna yang lebih dalam dalam konteks agama Islam. Selain merupakan respons atas persekusi di Mekah, hijrah juga melambangkan pengorbanan, kesetiaan, dan keberanian umat Muslim dalam mempertahankan dan menyebarkan agama Islam.

Hijrah juga merupakan awal dari peradaban Islam yang berkembang di Madinah, dengan pendirian negara Islam pertama, pengembangan hukum Islam (syariah), dan penyebaran nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Hijrah juga memiliki aspek spiritual dalam Islam. Umat Muslim mengambil pelajaran dari hijrah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, yaitu mengorbankan apa pun untuk mempertahankan agama dan berjuang demi keadilan. Hijrah mengajarkan umat Muslim untuk meninggalkan perilaku yang buruk dan beralih ke perilaku yang lebih baik dalam mengikuti ajaran Islam.

Dalam kalender Islam, hijrah juga menjadi awal dari penanggalan Hijriah (atau penanggalan Islam). Tahun pertama dalam penanggalan Hijriah dimulai pada saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke Madinah.

BACA JUGA:8 Berkah Bulan Muharram yang Bisa Memperbaiki Diri Anda

BACA JUGA:Ini Cara Kita Mengambil Berkah di Bulan Muharram, Masya Allah Langsung Terasa Manfaatnya

Secara keseluruhan, hijrah dalam Islam meliputi perpindahan fisik Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dari Mekah ke Madinah, pembentukan masyarakat Muslim pertama di Madinah, pengorbanan dan kesetiaan umat Muslim, serta pengajaran nilai-nilai agama Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber