Ternyata Ini Keuntungan dan Manfaat Kebiri pada Kucing Peliharaan

Ternyata Ini Keuntungan dan Manfaat Kebiri pada Kucing Peliharaan

Manfaat kebiri bagi kucing betina--koleksi pribadi

Perubahan perilaku

Kucing yang telah dikebiri juga cenderung memiliki perilaku yang lebih baik dan stabil. Kebiri dapat membantu mengurangi agresi yang berkaitan dengan kawin dan penandaan teritorial seperti menyemprotkan air kencing dan menggaruk.

Kucing yang telah dikebiri juga cenderung tidak berkelahi dengan kucing lain, sehingga mengurangi risiko cedera dan penularan penyakit yang berbahaya.

Pengurangan stres

BACA JUGA:Jangan Heran Kalau Lihat Kucing makan Rumput, Ini Alasannya.

BACA JUGA:Apakah Benar Kucing Dapat Terkena Rabies? Berikut Penjelasannya!

Kucing yang tidak dikebiri cenderung mengalami stres jika mereka tidak dapat memenuhi naluri alami mereka untuk berkawin. Kehidupan seksual yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan kecemasan dan ketegangan pada kucing.

Dengan melakukan kebiri pada kucing, kita membantu mengurangi stres yang mereka alami serta memperbaiki kualitas hidup mereka.

Harapan hidup yang lebih lama 

Kucing yang telah disterilkan umumnya memiliki harapan hidup yang lebih baik. Ini karena mereka lebih sedikit terkena risiko melarikan diri, berkelahi dengan kucing lain, atau terkena penyakit yang berkaitan dengan reproduksi.  Dengan kata lain, prosedur kebiri dapat membantu meningkatkan kualitas dan panjang hidup kucing.

BACA JUGA:Kucing Anda Kutuan? Lakukan Ini

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dalam Jenis Kucing Garfield

Prosedur kebiri atau sterilisasi

Untuk memulai proses kebiri, kucing akan di anestesi terlebih dahulu agar tidak merasakan sakit selama proses operasi. Untuk kucing jantan biasanya sayatan kecil dibuat pada testis dan dikeluarkan, lalu di jahit seperti semula. Biasanya kucing sudah bisa dibawa pulang setelah tindakan.

Sedangkan untuk kucing betina dilakukan sayatan yang lebih besar untuk mengangkat ovarium atau rahim pada bagian perut. Sehingga membutuhkan observasi sedikit lebih lama dari kucing jantan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber