359 Jemaah Haji Kloter 4 Tiba Palembang, 1 Meninggal di Tanah Suci

359 Jemaah Haji Kloter 4 Tiba Palembang, 1 Meninggal di Tanah Suci

Jemaah Haji Kloter 4 Tiba Palembang.--instagram/@galeririau

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sebanyak 359 jemaah haji dari Kloter 4 Debarkasi Palembang telah tiba kembali di Kota Palembang, namun ada satu anggota jemaah yang tidak selamat dalam perjalanan tersebut.

Setelah kedatangan di Kota Palembang, seorang jemaah haji bernama Sutanto Jasmangun (71) dari Kloter 4 Debarkasi Palembang langsung dilarikan ke rumah sakit. 

Emmilya Rosa, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, menjelaskan bahwa selama proses kepulangan, Bidang Kesehatan Debarkasi Palembang terus memberikan layanan kesehatan kepada jemaah haji.

"Selain menyediakan poliklinik di asrama haji, jemaah yang sakit dan membutuhkan perawatan lebih lanjut akan dirujuk ke rumah sakit rujukan, seperti RS Siti Fatimah, RS Muhammad Husein, dan RS Ernaldi Bahar," ujar Emmilya pada Selasa, 11 Juli 2023.

BACA JUGA:Hari Kependudukan Dunia 2023: BKKBN Dorong Pemberdayaan Perempuan dan Anak-Anak Menguatkan Masyarakat

BACA JUGA:Mengerikan, Inilah Yang Terjadi Jika Air Menghilang Dari Muka Bumi, Kehidupan Pun Akan Musnah

"Kondisi Pak Sutanto sangat memprihatinkan saat tiba di Palembang, sehingga petugas kesehatan segera membawanya menggunakan ambulans ke RSUD Siti Fatimah," jelas Emmilya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Sumsel, H. Armet Dachil, menjelaskan bahwa sebanyak 359 jemaah haji dari Kloter 4 Debarkasi Palembang telah tiba di Bandara SMB II Palembang pada Selasa, 11 Juli 2023, pukul 10.16 WIB.

"Terkait dengan jumlah jemaah haji Debarkasi Palembang yang meninggal di Arab Saudi, sebanyak 29 orang, di antaranya 24 jemaah berasal dari Sumatera Selatan dan lima jemaah berasal dari Bangka Belitung," tambahnya.

Sementara itu, ketua Kloter 4, H. Fery Suhaimi, menyatakan bahwa Kloter 4 terdiri dari jemaah haji yang berasal dari Kota Palembang. Saat berangkat menuju Tanah Suci, jumlah jemaah yang berangkat adalah 359 orang termasuk petugas.

BACA JUGA:Warga Prabumulih Resah dan Gelisah, Meteran PDAM Jadi Incaran Maling

BACA JUGA:Ringkasan Bab 9 Buku Psychology of Money: Kekayaan Adalah Apa yang Anda Tak Lihat


Jemaah Haji Kloter 4 Tiba Palembang.--instagram/@galeririau

Namun, terdapat satu jemaah yang sakit dan akhirnya berangkat bersama Kloter 6, yaitu Bapak Hotma Harahap. "Beliau sempat bergabung kembali dengan kita di Kloter 4, tetapi ternyata Allah memanggilnya. Akhirnya, beliau meninggal di Tanah Suci," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber