Bahaya Mengkonsumsi Makanan yang Dibakar dan Estimasi Kalorinya

Bahaya Mengkonsumsi Makanan yang Dibakar dan Estimasi Kalorinya

Makanan yang dibakar memang menggugah selera. Namun hobi satu ini harus dikurangi, karena bahaya kanker dan kalori yang cukup tinggi.-ahmad afif-foto pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Banyak orang mengandrungi makanan bakar-bakaran atau grill food. Selain enak, biasanya tampilan fresh dari makanan yang barusan dibakar memang menggugah selera. Hobi makan masakan yang dibakar, dapat berefek bagi kesehatan.

Tapi, jika pembakaran tidak dilakukan dengan benar, selain berbahaya kandungan kalori dari masakan bakar ini juga tinggi lho. Yuks, simak ulasannya. Penting untuk memahami bahwa ada beberapa bahaya yang terkait dengan mengkonsumsi makanan yang dibakar secara berlebihan atau terlalu sering.

Salah satu bahaya utama dari mengkonsumsi makanan yang dibakar adalah pembentukan senyawa karsinogenik. Saat makanan terpapar suhu tinggi dalam proses pemanggangan, senyawa karsinogenik seperti akrilamida dan heterosiklik amina (HCA) dapat terbentuk. 

Senyawa-senyawa ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker pada manusia, terutama kanker kolorektal, kanker payudara, dan kanker prostat. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang dibakar secara berlebihan atau terlalu sering dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

BACA JUGA:Viral Video Anak Minta Tolong ke Kapolri untuk Selamatkan Ibunya Diduga Disekap di Dubai

BACA JUGA:Dinkominfo Muba Bagi-bagi Daging Kurban Sapi dengan Inovasi Ramah Lingkungan

Selain itu, pemanggangan yang berlebihan juga dapat menyebabkan terbentuknya radikal bebas dalam makanan. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat merusak sel-sel tubuh. 

Jika tubuh terpapar radikal bebas secara berlebihan, ini dapat menyebabkan stres oksidatif dan peradangan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan gangguan neurodegeneratif.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan Indonesia yang sering dibakar:

1. Sate: Daging (ayam, sapi, kambing) atau makanan lainnya ditusuk pada tusukan bambu atau tusukan logam, kemudian dibakar di atas bara api. Sate biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu pedas.

BACA JUGA:2 dari 4 Tersangka Kasus Korupsi di Dinas Perkim Muba Tak Penuhi Panggilan Kedua Kejari Muba

BACA JUGA:Nggak Perlu Cantik, 6 Karakter Wanita Idaman Pria yang Wajib Kamu Ketahui

2. Ikan Bakar: Ikan segar dibumbui dengan rempah-rempah, seperti bawang putih, jahe, kemiri, dan cabai, lalu dibakar di atas bara api. Ikan bakar biasanya disajikan dengan sambal atau kecap manis.

3. Ayam Bakar: Potongan ayam dimarinasi dengan bumbu rempah seperti bawang putih, jahe, ketumbar, dan kunyit, lalu dibakar hingga matang. Ayam bakar biasanya memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber