Kampung Cina Sepi dari Nuansa Imlek

Kampung Cina Sepi dari Nuansa Imlek

Suasana Vihara Ratna Nirwana di Talang Buruk, Palembang, Senin, 16 Januari 2023.-Aji Delia-paltv.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Enam  hari menjelang tahun baru Cina atau Imlek, tidak banyak perbedaan di wilayah yang dikenal sebagai pemukiman masyarakat Tionghoa. Kampung Cina yang terletak di Jalan Talang Buruk KM 7 ini, terkesan jauh dari suasana meriah Imlek.

Dari pantauan PALTV, terlihat tidak ada lampion yang bergantungan menghiasi perkampungan Cina di Talang Buruk. Hanya ada beberapa warga Tionghoa yang terlihat sedang melakukan pembersihan di klenteng-klenteng yang berada di kampung Cina Talang Buruk, salah satunya di Vihara Ratna Nirwana.

Effendi penjaga Vihara Ratna Nirwana mengatakan, “memang nuansanya tidak meriah karena meski Imlek bukan perayaan keagamaan, di kampung sini momentum tersebut tetap digunakan umat Buddha untuk beribadah dan mengucap syukur atas tahun yang baru.”

Hal serupa dikatakan Roni selaku Ketua Klenteng Marga Lau atau Vihara Dewa Murni Nadi yang terletak di Talang Buruk. Biasanya masyarakat hanya menggelar ibadah pada pagi hari dan sore hari, setelah itu bersalam-salaman dengan tetangga, hampir mirip dengan lebaran.

BACA JUGA:Vihara Dharmakirti Palembang Berharap Kebaikan di Tahun 2023

BACA JUGA:Kesibukan Menjelang Imlek di Klenteng Dewi Kwan Im Palembang, Jemaah Luar Negeri Berdatangan


Warga tampak sedang gotong royong membersihkan klenteng.-Aji Delia-paltv.co.id

“Ini rutinlah ya. Sebelum Imlek kegiatannya gotong royong membersihkan vihara. Kalau Imlek datang orang mau ibadah silahkan, sudah bersih,” jelas Roni.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id