Pendampingan dan Pemberdayaan BRI Buat UMKM Lebih Siap Go Global, Brand Kuliner Asal Bandung

Pendampingan dan Pemberdayaan BRI Buat UMKM Lebih Siap Go Global, Brand Kuliner Asal Bandung

Pendampingan BRI bantu UMKM Bandung, Restu Mande sukses tembus pasar global dengan kuliner Minang berkualitas.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)

PALTV.CO.ID- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM Indonesia menembus pasar global. 

Salah satu mitra binaan yang mencatat pencapaian membanggakan adalah Restu Mande, brand kuliner asal Bandung yang tampil di ajang FHA Food & Beverage 2025 di Singapura pada 8–11 April 2025. Restu Mande memperkenalkan rendang dan bumbu khas Minang ke pasar internasional.

Keikutsertaan ini merupakan kelanjutan dari keberhasilan Restu Mande meraih penghargaan Best Expo dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025, sebuah ajang apresiasi dan program pemberdayaan UMKM yang dipilih berdasarkan kualitas produk, produktivitas, inovasi, pemanfaatan platform digital, serta perluasan pasar ekspor.

Didirikan oleh Nenden Rospiani pada 2004 sebagai rumah makan, Restu Mande kini berkembang menjadi produsen makanan instan tradisional khas Minang. Sejak 2012, usaha ini bertransformasi memproduksi makanan siap saji dengan teknologi retort dan vacuum packaging. 

BACA JUGA:BRI Berhasil Salurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) Senilai Rp1,72Triliun ke2,8 Juta Pekerja

BACA JUGA:Trust ke Fundamental, Analis Kompak Rekomendasikan Saham BBRI

Dalam operasionalnya, Restu Mande melibatkan perempuan desa Cibiru Wetan, Bandung Timur, sehingga tidak hanya menjaga keaslian rasa, tetapi juga berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi lokal.

Saat ini Restu Mande memiliki lebih dari 30 produk, mulai dari rendang sapi, ayam, jengkol, hingga bumbu instan khas Minang seperti rendang, gulai ayam, gulai cincang, dan ayam/ikan bakar. 

Semua produk diproses tanpa bahan pengawet dengan masa simpan 7–12 bulan, menjadikannya praktis sekaligus autentik. Produk-produk ini telah bersertifikat BPOM, Halal, HACCP, dan SNI.

Melalui FHA Food & Beverage 2025, Restu Mande berhasil menjalin kerja sama distribusi dengan Toko Indo di Lucky Plaza, Singapura, serta menarik minat buyer dari Thailand. 


Pendampingan BRI bantu UMKM Bandung, Restu Mande sukses tembus pasar global dengan kuliner Minang berkualitas.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)

Produk ini kini dipasarkan melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli, jaringan ritel seperti All Fresh, Total Buah, dan Setiabudhi Supermarket, hingga outlet oleh-oleh di Bandung. Secara internasional, Restu Mande rutin mengekspor ke Singapura, Prancis, dan Uni Emirat Arab, serta menjajaki pasar Jepang.

Marketing and Branding Director Restu Mande, Utami Ichda, menyebut expo tersebut sebagai momentum penting untuk mengenalkan produk ke pasar global. 

“Selama expo, kami bertemu banyak potential buyer, belajar memahami standar pasar internasional, sekaligus membangun relasi dengan pelaku industri dari berbagai negara,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: