Mengapa Sayur dan Buah Adalah Bagian Tak Tergantikan?

Mengapa Sayur dan Buah Adalah Bagian Tak Tergantikan?

manfaat buah dan sayuran tidak dapat digantikan dengan bahan lain. sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang khas.--pixabay.com/@dbreen

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Gizi seimbang merupakan salah satu pilar utama dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Buah dan sayuran merupakan bagian penting, yang tidak bisa digantikan karena manfaatnya yang banyak dan lengkap.

Di antara berbagai jenis makanan yang penting untuk mencapai gizi seimbang, sayur dan buah menjadi bagian yang tak tergantikan.

Mengapa sayur dan buah memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan dan mengapa mereka sebaiknya menjadi bagian tak terpisahkan dari pola makan sehari-hari.

Sayur dan buah kaya akan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik. Mereka merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang vital bagi kesehatan kita.

BACA JUGA:Gurihnya Pindang Tulang Kuliner Khas Kota Palembang

BACA JUGA:Farel Prayoga Bakal Meriahkan HUT Bhayangkara ke-77 Sumsel

Vitamin dan mineral diperlukan dalam jumlah kecil namun sangat penting untuk menjaga keseimbangan sistem tubuh, seperti sistem kekebalan tubuh, sistem saraf, dan sistem metabolisme.

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kubis mengandung vitamin K yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Buah-buahan seperti jeruk, kiwi, dan stroberi mengandung vitamin C yang penting untuk pertumbuhan sel, penyembuhan luka, dan menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, sayur dan buah juga merupakan sumber serat yang penting. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mempromosikan gerakan usus yang teratur dan mengurangi risiko sembelit.

BACA JUGA:DBD, Penyakit Ditakuti di Balik Gigitan Nyamuk! Kenali 3 Cara Penularan yang Mungkin Kamu Tidak Tahu!

BACA JUGA:Terapkan Langkah Ini Jika Kondisi Keuangan Rumah Tangga Sedang Sulit

Serat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2 dengan mengontrol kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Sayur dan buah juga mengandung antioksidan, yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber