Makanan Yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Tidak Takut Lagi Makan Daging

Makanan Yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Tidak Takut Lagi Makan Daging

Pola Makan Sehat--istockphoto-fokusgood

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang umum di kalangan masyarakat saat ini.apalagi saat momen Idul Adha yang identik dengan masakan daging. Mengkonsumsi daging secara berlebihan dapat memicu kolesterol. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah lainnya.

Namun, dengan mengatur pola makan yang sehat dan mengkonsumsi makanan yang tepat, Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. berikut beberapa makanan ampuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Lemak ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Alpukat juga mengandung serat, yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

BACA JUGA:Ramuan Herbal Turunkan Kadar Kolestrol Secara Alami

BACA JUGA:Jangan Takut Pemberitaan Dampak Konsumsi Daging Sapi, Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan

2. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Disarankan untuk mengonsumsi ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu.

3. Biji-bijian Utuh:

Biji-bijian utuh seperti gandum, barley, dan oatmeal kaya akan serat larut. Serat larut dapat membantu mengikat kolesterol dalam usus dan mengeluarkannya dari tubuh. Konsumsi biji-bijian utuh sebagai sumber karbohidrat utama dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

BACA JUGA:Makan Nanas Setelah Makan Daging Bisa Turunkan Kolesterol, Benarkah Demikian ? Ini Penjelasanya  

BACA JUGA:Wajib Coba! Tips Tetap nikmat Santap Daging Kurban Tanpa Khawatir Kolesterol

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah mengandung lemak tak jenuh sehat, serat, dan fitosterol. Fitosterol adalah senyawa alami yang dapat menghambat penyerapan kolesterol oleh tubuh. Mengganti camilan tinggi lemak jenuh dengan kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber