Jarang Diketahui! Ini Fungsi dan Tanda Plat Kopling Mobil Mulai Rusak

Jarang Diketahui! Ini Fungsi dan Tanda Plat Kopling Mobil Mulai Rusak-freepik-freepik
“Kalau kampas kopling sudah mulai aus, biasanya tarikan mobil jadi terasa berat, apalagi waktu nanjak. Banyak pengendara datang ke bengkel karena mengira masalahnya di mesin, padahal kampas koplingnya sudah tipis,” ujar Heri yang sudah 18 tahun bekerja di bengkel spesialis transmisi.
Komponen-Komponen Kampas Kopling
Kampas kopling terdiri dari beberapa bagian yang bekerja secara terpadu:
Clutch Hub
penghubung utama antara kampas kopling dan input shaft transmisi, memungkinkan sedikit gerakan maju-mundur saat bekerja.
Torsion Dumper
Berfungsi meredam hentakan ketika tenaga mesin diteruskan ke transmisi.
Disc Plate
Komponen utama yang menahan beban kerja selama kendaraan melaju.
Facing (Kampas Kopling)
Permukaan yang bergesekan dengan flywheel, berfungsi memperbesar gesekan agar tenaga tersalurkan dengan optimal.
Cushion Plate
Dudukan kampas kopling yang membantu memperhalus kerja kopling agar tidak terasa tersentak.
Rivet (Paku Keling)
Penyatu seluruh komponen kampas kopling menjadi satu kesatuan yang kokoh.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: berbagai sumber