Perhatian! KDRT Dapat Bikin Anak Jadi Begini

Perhatian! KDRT Dapat Bikin Anak Jadi Begini

Ilustrasi KDRT dan dampaknya bagi anak-anak.-RosZie-pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Baru-baru ini terjadi lagi kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang mencuat ke permukaan (publik), ibunda dari Verrel Bramasta diduga mengalami KDRT.

Artis sinetron cantik Venna Melinda melaporkan suaminya Ferry Irawan telah melakukan tindak kekerasan terhadap dirinya.

Seperti fenomena gunung es, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) seperti yang dialami Venna Melinda itu merupakan sebagian kecil kasus yang mencuat ke permukaan (publik). Masih banyak kasus-kasus KDRT lainnya yang terbenam di dasar samudra, di mana korban enggan mengungkap karena malu atau merasa aib, dan bisa jadi karena takut yang amat sangat dengan berbagai macam alasan.

Yang jelas, perbuatan KDRT adalah momok yang menakutkan yang selalu mengintai semua orang. Bagi seorang yang mengalami KDRT terutama perempuan, tentunya akan menyisakan trauma yang teramat dalam. Kekerasan yang dirasakan korban bisa menjadi dampak buruk untuk kelangsungan hidupnya.

BACA JUGA:Karyawati Stasiun LRT Polrestabes Dibegal Dekat Kantor Kejati Sumsel

BACA JUGA:Bantaran Sungai Musi Longsor, Rumah Iskandar Tenggelam

Dampak buruk KDRT tersebut mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya, dan trauma berkepanjangan, bahkan tidak menutup kemungkinan melakukan tindakan fatal yang membahayakan jiwa. 

Lalu, bagaimana dampak buruk KDRT yang dirasakan anak berdasarkan tahap perkembangannya? Dilansir dari artikel berjudul “Dampak KDRT bagi Perempuan dan anak” dimuat laman an-nur.ac.id pada 11 Agustus 2022, dampak buruk yang dialami anak dibagi menjadi lima tingkatan usia mulai dari bayi, anak kecil (usia muda), pra sekolah, sekolah dasar (SD), dan remaja.

1. Dampak terhadap anak berusia bayi

Bayi yang menjadi korban KDRT akan mengalami ketidaknormalan dalam pertumbuhan dan perkembanganya yang sering kali diwujudkan dalam problem emosinya, bahkan sangat terkait dengan persoalan kelancaran dalam berkomunikasi.

BACA JUGA:Petir Menggelegar, Tembok Pagar Pasar Randik Sekayu Ambruk

BACA JUGA:Ditinggal ke Kebun, Satu Rumah Warga di Musi Banyuasin Ludes Terbakar

2. Dampak terhadap anak kecil

Dampak KDRT terhadap anak usia muda (anak kecil) sering digambarkan dengan problem perilaku,  seperti sering sakit, memiliki rasa malu yang serius, memiliki self-esteem yang rendah, dan memiliki masalah selama dalam pengasuhan, terutama masalah sosial, misalnya memukul, menggigit dan suka mendebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: an-nur.ac.id