Bukan Cuma Fisik, Kesehatan Mental Juga Patut Dirawat

Bukan Cuma Fisik, Kesehatan Mental Juga Patut Dirawat

Selain memperhatikan kesehatan secara fisik, Kesehatan mental juga perlu perhatian. --www.unsplash.com/@priscilladupreez

PALEMBANG, PALTV.CO.IDKesehatan mental adalah faktor penting dalam kesejahteraan seseorang. Dalam era modern ini, Kesehatan mental semakin diakui sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Kesehatan secara keseluruhan. 

Pengaruh kesehatan mental sangat penting bagi kehidupan seseorang, hal ini dapat mempengaruhi pola pikir, bagaimana seseorang bertindak, merasakan, bersosialisasi dan juga mempengarui dalam pengambilan keputusan.

Indikator seseorang dapat dianggap pribadi yang sehat ialah saat mental mereka dalam kondisi sejahtera , baik secara emosional, psikologis, maupun interaksi sosial.

Kesehatan mental yang buruk dapat mengarah pada masalah seperti depresi, kecemasan, kelelahan, penurunan produktivitas, dan bahkan gangguan mental serius. 

BACA JUGA:Berbeda dengan Indonesia, Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Selasa, 27 Juni 2023

BACA JUGA:Fix!! Hari Raya Idul Adha 1444 H Jatuh pada 29 Juni 2023

Kesehatan mental yang baik memberikan dampak positif pada pikiran, emosi, dan perilaku individu. Ini juga mempengaruhi cara seseorang berinteraksi dengan orang lain, mengelola stres, dan mengatasi tantangan kehidupan sehari-hari. 

Dengan kondisi kesehatan mental yang baik, seseorang dapat berpikir secara positif dan jernih, dapat melakukan pekerjaan secara produktif, dan dapat menggali potensi diri yang ia miliki secara menyeluruh.

Mental yang baik pun juga berdampak banyak terhadap kehidupan sosial seseorang sehingga dapat dengan mudah berinteraksi, mudah bergaul dengan siapapun bahkan dapat memberikan kontribusi secara maksimal terhadap lingkungan disekitar.

Perlu diketahui, peran kesehatan mental juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik yang mempengaruhi faktor resiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

BACA JUGA:Menjelajahi Keseimbangan dan Ketenangan Melalui Yoga

BACA JUGA:Kawuk! Hewan Pemakan Jasad Manusia, Penjaga Pulau Nusakambangan!!

Selain itu, terdapat permasalahan umum yang kerap terjadi ketika mental seseorang sedang tidak sehat seperti :

1. Depresi: Merasa sedih, kehilangan minat atau kegairahan, serta perubahan suasana hati yang berkepanjangan adalah gejala depresi yang umum. Depresi bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang dan memerlukan perhatian serta perawatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber