Ini Strategi Prabowo Menuju Kemandirian Nasional Dari Pangan hingga Energi

Ini Strategi Prabowo Menuju Kemandirian Nasional Dari Pangan hingga Energi

Masri, petani yang siap memanen sawah padinya di awal tahun panen.-Yansyah-PALTV

PALTV.CO.ID - Di bawah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, upaya mencapai swasembada pangan kembali menjadi prioritas utama.

Dalam beberapa dekade terakhir, Indonesia terus berupaya memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri tanpa harus bergantung pada impor dari negara lain. Harapan ini bukan hal baru, namun mendapatkan momentum baru dengan kebijakan dan komitmen pemerintah saat ini.

Sejak era kepemimpinan Presiden Soeharto, Indonesia sempat berhasil mencapai swasembada pangan pada 1984, terutama dalam hal produksi beras.

Namun, keberhasilan tersebut tidak bertahan lama, karena berbagai tantangan seperti perubahan iklim, keterbatasan lahan, dan masalah infrastruktur mulai mengganggu keberlanjutannya.

BACA JUGA: Sekda Palembang Buka Kegiatan Pembinaan RT dan RW se-Kecamatan Alang-alang Lebar

BACA JUGA: KPU Musi Rawas Ajak Santri Nobar Film Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula


Petani di Kabupaten Banyuasin mengambil langkah proaktif dengan mempercepat penanaman padi untuk menyikapi perubahan cuaca tak menentu dan suhu lebih tinggi.-Suryadi-PALTV

Kini, di masa Presiden Prabowo Subianto, impian untuk kembali meraih swasembada pangan ditekankan dalam berbagai kesempatan. Dalam pidato pelantikannya pada 20 Oktober 2024, Presiden Prabowo menegaskan pentingnya kemandirian pangan bagi Indonesia. 

"Saya optimis, dalam 4-5 tahun ke depan, kita bisa mencapai swasembada pangan," ujar Presiden Prabowo dalam pidatonya.

Selain pangan, Prabowo juga menyoroti pentingnya kemandirian di sektor energi. Menurutnya, ketergantungan impor energi menjadi risiko besar di tengah situasi geopolitik dunia yang semakin kompleks.

 

Sumber Daya Alam sebagai Solusi

Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah yang dapat dioptimalkan untuk mencapai swasembada, baik pangan maupun energi. Potensi yang dimiliki mulai dari kelapa sawit yang dapat diolah menjadi biodiesel, hingga pemanfaatan energi terbarukan seperti panas bumi, tenaga air, dan batu bara.

BACA JUGA:Pindad Resmi Luncurkan MV3 Garuda Limousine sebagai Kendaraan Kepresidenan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id