Ini Biang Keroknya! Penyebab Rumah Terasa Panas dan Gerah, Serta Trik Bikin Suhu Adem

Ini Biang Keroknya! Penyebab Rumah Terasa Panas dan Gerah, Serta Trik Bikin Suhu Adem

--(Foto: iSTock)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ketika mendesain dan membangun rumah, terkadang kita tidak memperhatikan aspek penahan panas dan akhirnya membuat rumah terasa sangat panas saat siang hari.

Namun, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat rumah kita lebih dingin dan nyaman meskipun di bawah terik matahari. Berikut beberapa tips bagaimana membuat rumah agar tidak panas:

1. Atap

Atap adalah bagian rumah yang sebagian besar terkena sinar matahari, sehingga sangat penting untuk memilih jenis atap yang dapat menahan panas. Gunakan atap berbahan keramik atau genteng yang memiliki sifat penahan panas yang baik. Selain itu pilih atap dalam warna cerah seperti putih, abu-abu atau hijau muda yang cenderung memantulkan sinar matahari dan mengurangi paparan langsung sinar matahari di dalam rumah.

2. Ventilasi

Ventilasi memainkan peran penting dalam mengurangi suhu di dalam rumah. Selalu perhatikan letak jendela, pintu, dan ventilasi yang memungkinkan sirkulasi udara yang baik sehingga menghardikan panas. Pastikan ventilasi dapat memberikan pengaliran udara yang cukup untuk mengurangi panas dan membantu sirkulasi udara.

BACA JUGA:Rahasia Terungkap! 7 Trik Jitu Agar Pria Lebih Tahan Lama di Ranjang Tanpa Obat Kuat, Wanita Terpesona!

BACA JUGA:Google Drive Setop Dukungan untuk Windows 8, Benarkah?

3. Penggunaan Material

Pemilihan bahan bangunan seperti dinding dan lantai juga penting. Gunakan bahan berpori dan mudah menyerap panas, seperti bata atau bata dengan lapisan insulasi tambahan yang bisa membantu meminimalkan suhu ruangan. Selain itu, juga perlu untuk mengevaluasi warna dinding dan lantai, hindari warna gelap yang cenderung menyerap panas dan gunakan warna cerah yang dapat memantulkan cahaya dan panas sehingga tidak meningkatkan suhu di dalam rumah.

4. Tanaman

Tanaman dapat membantu membuat kondisi di dalam rumah menjadi lebih dingin. Tanaman seperti pohon kaktus atau pohon palem adalah beberapa contoh tanaman yang dapat menghasilkan udara segar dan menyejukkan. Selain itu, tanaman juga dapat menyeimbangkan tingkat kelembaban di dalam rumah.

5. AC

Alat pendingin udara adalah cara paling cepat dan mudah bagi kita untuk membuat kondisi di dalam rumah menjadi lebih dingin. Jika memungkinkan, pilihlah AC yang hemat energi dan tetap menjaga suhu pada suhu ideal di kisaran antara 22-24 derajat celcius dengan menjaga penggunaan AC tidak berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bebagai sumber