Mitsubishi Fuso Memerlukan Dukungan Ekstra untuk Mendorong Pengembangan Truk Listrik

Mitsubishi Fuso Memerlukan Dukungan Ekstra untuk Mendorong Pengembangan Truk Listrik

Mitsubishi Fuso Memerlukan Dukungan Ekstra untuk Mendorong Pengembangan Truk Listrik--

Ia juga menekankan pentingnya insentif dan regulasi yang mendukung truk listrik serta penurunan suku bunga yang bisa mendorong pasar untuk lebih aktif.

Secara global, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) sedang mengembangkan model truk listrik, eCanter, yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang terus berubah.

BACA JUGA:Volkswagen Bongkar Rahasia Desain Mobilnya Tak Lagi Agresif

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Siap Dukung Sinergi dan Implementasi Kerja Sama yang Semakin Berdampak

Di Indonesia, KTB telah meluncurkan truk listrik eCanter pada Juli 2024, menjadikannya sebagai produsen pertama yang menawarkan truk listrik di tanah air.

KTB juga mencatat bahwa truk listrik eCanter telah diserahkan kepada pelanggan pertamanya, PT Yusen Logistic Indonesia, pada 18 Juli 2024, di acara GIIAS 2024.

Selain itu, PT Pos Indonesia (PosIND) juga telah menggunakan truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter untuk mendukung operasional logistik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Seiring dengan peluncuran produk baru ini, penjualan truk juga menunjukkan tanda-tanda positif, terutama setelah Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan menjadi 6% pada bulan September 2024.

BACA JUGA:Volkswagen Bongkar Rahasia Desain Mobilnya Tak Lagi Agresif

BACA JUGA:Selamat! Cek Daus Resmi Jadi Anggota DPRD Palembang, Siap Prioritaskan Aspirasi Masyarakat

Penurunan suku bunga ini menjadi angin segar bagi sektor kendaraan niaga, yang mayoritas pembeliannya menggunakan skema kredit.

“Kami berharap isu-isu geopolitik dapat membaik sehingga perekonomian global juga akan membaik, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada permintaan komoditas ekspor Indonesia,” imbuh Aji.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi Fuso berhasil mencatat penjualan truk sebanyak 1.942 unit pada bulan Agustus 2024.

Penjualan ini hanya terpaut sedikit dari pesaingnya, Hino, yang mencatatkan penjualan sebesar 1.973 unit pada bulan yang sama. Persaingan antara keduanya memang cukup ketat, terutama mengingat bahwa Fuso dan Hino resmi melakukan merger pada Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber