Kemenkumham Sumsel Hadiri Pencanangan Peringatan Hari HAM Sedunia dan Deklarasi Pilkada bagi Pemilih Pemula

Kemenkumham Sumsel Hadiri Pencanangan Peringatan Hari HAM Sedunia dan Deklarasi Pilkada bagi Pemilih Pemula

Kemenkumham Sumsel menghadiri kegiatan secara hybrid Pencanangan Peringatan Hari HAM Sedunia dan Deklarasi Pilkada bagi Pemilih Pemula, Rabu (25/9/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

PALTV.CO.ID - Memperingati Hari Hak Azasi Manusia (HAM) Sedunia ke-76 yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2024, Kepala Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya beserta jajaran, menghadiri rangkaian kegiatan secara hybrid pada hari Rabu, 25 September 2024.

Kegiatan hybrid yang berlangsung di Aula Musi Kanwil Kemenkumham Sumsel, dimulai dengan Pencanangan (Kick-Off) Peringatan Hari HAM Sedunia dan Deklarasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bagi Pemilih Pemula.

Kegiatan pencanangan dihadiri pula oleh Perwakilan Kementerian, Lembaga, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama, Kepala Dinas, dan perwakilan dari 18 Partai Politik Peserta Pilkada, termasuk 33 Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia yang hadir secara virtual.

Dalam kegiatan Pencanangan dan Deklarasi tersebut, Direktur Jenderal HAM Dhahana Putra mengawalinya dengan laporan pelaksanaan kegiatan.

BACA JUGA:Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya Sambut Baik Kunjungan Kerja Kabinda Sumsel Sudadi

BACA JUGA:Sekjen Baru Nico Afinta Dilantik Menkumham, Kemenkumham Sumsel Siap Dukung Penuh


Dhahana Putra, Direktur Jenderal HAM, Rabu (25/9/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

Dalam laporannya, Dirjem HAM Dhahana Putra mengungkapkan tujuan dari pelaksanaan Pencanangan (Kick Off) Peringatan Hari HAM Sedunia dan Deklarasi Pilkada bagi Pemilih Pemula.

Terutama untuk mengglorifikasikan peringatan Hari HAM Sedunia sekaligus melaksanakan publikasi dan sosialisasi prinsip-prinsip Hak Azasi Manusia dan implementasinya, dalam melaksanakan Pilkada yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Dengan mengusung tema ‘Harmoni dalam Keberagaman Menuju Indonesia Emas 2045’ tersebut, Peringatan Hari Hak Azasi Manusia Sedunia ini melibatkan berbagai unsur seperti Kementerian, Lembaga, Pemda, Ormas, sipil, pelaku usaha, dan juga pelajar,” terang Dirjen HAM Dhahana Putra.

Dhahana Putra kemudian menyampaikan, Deklarasi Pilkada bagi Pemilih Pemula melibatkan sekitar 200 pelajar perwakilan dari 26 Sekolah Lanjutan Atas dan sederajat, yang dikoordinasi oleh KOPPETA HAM Pusat dan KOPPETA HAM di tiga Provinsi, yaitu Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Jawa Barat.

BACA JUGA: Sinergi Kemenkumham Sumsel & BPKP untuk Pelayanan Publik Berkualitas

BACA JUGA: Reformasi Birokrasi 2024, Kemenkumham Sumsel Siap Tingkatkan Capaian dan Layanan Publik


Supratman Andi Agtas, Menteri Hukum dan HAM RI, Rabu (25/9/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: